Hatta Enggan Komentar Soal Pesawat Merpati

Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, enggan berkomentar soal pengadaan pesawat jenis Xian MA-60 buatan China untuk maskapai penerbangan PT Merpati Nusantara Airlines. Sabtu, 7 Mei 2011, pesawat Merpati jenis ini jatuh di perairan dekat Bandara Kaimana, Papua Barat.

"No.. no.. statement. Saya tidak mau mengomentari pembelian, karena itu dibeli oleh Merpati," kata Hatta di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa, 10 Mei 2011.

Menko Hatta mengatakan, pembelian pesawat tersebut tidak dilakukan oleh Menteri Perhubungan, tetapi oleh Merpati.

Hakim Suhartoyo Kritik Ketua KPU soal Pemilihan Firma Hukum

Mengenai banyaknya pemberitaan di balik jatuhnya pesawat Merpati, dia menegaskan, akan menunggu hasil dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan mengimbau agar masyarakat tidak berspekulasi.

"Tunggu hasil KNKT, jangan berspekulasi macam-macam sehingga tidak lagi bisa melihat inti persoalannya," kata Hatta.

Pesawat jenis Xian Modern Ark 60 atau lebih dikenal dengan MA60 tidak semua komponennya buatan China. Pesawat MA60 yang diproduksi oleh Aviation Industry Corporation I (AVIC I) adalah perpanjangan dari Xian Y7-200A.

Dijagokan Wali Kota Bekasi, Jokowi Ogah Campuri Urusan Kaesang

Pesawat ini menggunakan dua mesin Turboprop Pratt & Whitney Canada PW127J, 2,051 kW. Kecepatan terbang pesawat ini maksimal 514 kilometer per jam (278 knots, 319 mph).

Dengan kecepatan itu, pesawat mampu terbang dengan ketinggian 7.620 meter karena ditopang dengan dua mesin Turboprop. (art)

Media Asing Sebut Kebugaran Pemain Guinea Ungguli Indonesia: Mereka Tak Bertanding 3 Bulan
Membanggakan! Siswa MAN 2 Bantul Sabet 2 Medali Emas di IIIE 2024.

Membanggakan! Siswa MAN 2 Bantul Sabet 2 Medali Emas di Indonesia International Invention Expo 2024

Prestasi gemilang diraih oleh Tim MAN 2 Bantul, yang berhasil menyabet medali emas dalam berbagai bidang di ajang Indonesia International Invention Expo (IIEX) 2024.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024