Bank Mega Batasi Layanan Deposito On Call

Bank Mega, Grup Para
Sumber :
  • grup para

VIVAnews - PT Bank Mega Tbk berencana membatasi pelayanan deposito on call atau penempatan dana nasabah dalam bentuk simpanan berjangka yang penarikannya bisa dilakukan setiap waktu. Upaya itu untuk mencegah atau mengurangi risiko terjadinya kembali pembobolan di bank milik Chairul Tanjung tersebut.

"Jadi, kami akan batasi. Dari yang awalnya setiap kantor cabang Bank Mega bisa memberikan layanan, sekarang hanya cabang-cabang tertentu. Misalnya, di Jakarta, nanti hanya tiga cabang yang tetap menawarkan layanan tersebut," kata Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Mega, Suwartini, kepada VIVAnews.com di Jakarta, Selasa 10 Mei 2011.

Selain itu, menurut Suwartini, tidak setiap nasabah bisa mendapatkan pelayanan deposito on call tersebut. "Jadi, tidak untuk walk-in customer (nasabah yang tidak memiliki rekening di Bank Mega atau nasabah baru)," ujarnya.

Layanan itu, dia menambahkan, hanya khusus diberikan bagi nasabah-nasabah atau instansi yang sudah dikenal dan menjadi mitra lama perseroan. "Kami tidak ingin kecolongan lagi, dan ingin mengurangi risiko," tutur Suwartini.
 
Brankas Bank Mega Cabang Jababeka, Bekasi, kembali bobol. Kali ini, dana yang dijebol senilai Rp80 miliar, milik Pemerintah Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Kasus itu terungkap, setelah Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Kejaksaan Agung mengembangkan kasus pembobolan dana sebelumnya milik PT Elnusa Tbk senilai Rp111 miliar, yang juga disimpan di bank dan kantor cabang yang sama, Bank Mega Jababeka.

Menurut Bank Mega, setelah kasus Elnusa mencuat ke permukaan, manajemen bank berinisiatif melakukan audit menyeluruh terhadap berbagai transaksi yang dinilai mencurigakan. "Atas hasil pemeriksaan tersebut, Bank Mega menemukan transaksi keuangan dari Pemkab Batubara yang ditempatkan di deposito on call senilai Rp80 miliar," ujar Suwartini.

Suwartini mengatakan bahwa kasus dugaan korupsi yang dilakukan dua pejabat Kabupaten Batubara itu tidak berhubungan dengan kasus Elnusa. (art)

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024