Penuhi Nutrisi Anak Sesuai Usia

anak makan pagi
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Kebutuhan gizi setiap anak berbeda, tergantung tingkat usianya. Karenanya, orangtua dituntut selektif untuk melengkapi nutrisi anak yang seimbang sesuai usia.

Di usia 1-7 tahun, anak memerlukan nutrisi yang tepat untuk mendukung pertumbuhan fisik, seperti pembentukan tulang yang kuat, penambahan tinggi badan, ketrampilan motorik serta daya konsentrasi.

Sedangkan usia 7-12 tahun, anak berada pada puncak pertumbuhan fisik dan mental ketika mulai aktif belajar di sekolah. Di masa itu, anak butuh energi tambahan yang cukup untuk menunjang aktivitas fisiknya, juga nutrisi ekstra untuk mendukung daya ingat dan konsentrasinya.

Anak yang memiliki banyak aktivitas dan banyak gerakan tak hanya sekedar butuh cadangan energi yang diperoleh dari karbohidrat dan lemak, mereka juga butuh vitamin yang berperan penting mengaktifkan sistem kerja otak.

“Memberikan nutrisi yang berkualitas sesungguhnya harus dimulai sejak bayi berada dalam kandungan. Namun, mulai usia satu tahun nutrisinya juga harus dipenuhi secara seimbang,” ujar Spesialis Gizi Klinis, Dr Samuel Oentoro, MS, SpGK dari FKUI RSCM.

Komposisi nutrisi yang dibutuhkan anak usia 1-7 tahun berbeda dengan anak usia 7-12 tahun. Anak 1-7 tahun membutuhkan karbohidrat 65 persen, protein 12-15 persen, lemak 25-35 persen, serta vitamin dan mineral.

Demi melengkapi kebutuhan itu, susu bisa menjadi pilihan praktis. “Susu memiliki kandungan lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Konsumsi susu dibutuhkan untuk melengkapi gizinya,” kata Dr Sam.

Susu juga bisa menambah pasokan energi dan kalsium. Kebutuhan kalsium untuk anak pun berbeda sesuai usia. Untuk anak 4-8 tahun, kalsium yang dibutuhkan adalah 800 miligram/hari, untuk anak 7-12 tahun butuh kalisum 800- 1300 miligram perhari, sementara untuk anak 9-13 tahun, butuh asupan kalsium 1.300 miligram per hari. (eh)

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual
 Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya, dikabarkan mundur dari bursa pencalonan Pilkada Kota Bandung. Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menepis kabar itu.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024