Setjen DPR: Tak Ada Anggaran Pulsa Anggota

Sidang Paripurna DPR
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – DPR terus menjadi sorotan. Kali ini mereka kembali diterpa isu miring seputar anggaran pulsa yang diperkirakan mencapai Rp151 miliar per tahun. Namun Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR segera membantah kabar tersebut.

Ini Dia Keunggulan Truk Listrik MAB Dibandingkan Truk Diesel yang Perlu Diketahui

“Tidak benar ada anggaran pulsa seperti yang disampaikan LSM FITRA,” kata Kepala Biro Perencanaan dan Pengawasan Kesetjenan DPR Adil Rusli, Kamis, 12 Mei 2011.

Sebelumnya, Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) merilis data yang berisi rincian jatah pulsa anggota DPR. Berdasarkan penelusuran LSM ini, tiap anggota dewan mendapat jatah pulsa Rp14 juta per bulan, dan alokasi isi pulsa sebesar Rp168 juta per tahun. Dengan demikian, menurut FITRA, total anggaran isi pulsa untuk ke-560 anggota DPR mencapai Rp151 miliar per tahun.

“Itu tidak benar. Yang ada yaitu biaya langganan pulsa untuk SMS gateway sebesar Rp96 juta,” ungkap Adil. Ia menjelaskan, biaya SMS gateway Rp96 juta itu berasal dari anggaran Kesetjenan, dan ditujukan untuk menyampaikan informasi dan undangan perihal rapat-rapat DPR. “Semua itu dibiayai Setjen, khusus untuk 560 anggota dewan,” tegasnya.

Kepala Pusat Pengkajian Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) DPR Damayanti, membenarkan pernyataan Adil. “Anggaran SMS gateway itu Rp96 juta. Namun sejauh ini, dari bulan Januari sampai April 2011, anggaran yang terserap baru mencapai Rp15 juta-an,” ungkapnya. Ia menambahkan, SMS gateway itu murni untuk lalu-lintas informasi agenda persidangan di DPR, bukan untuk SMS maupun anggaran pulsa pribadi anggota dewan.

“Jadi, tidak ada yang namanya anggaran untuk isi pulsa bagi anggota pribadi. Semua diperuntukkan bagi alat kelengkapan dewan yang bersifat kelembagaan,” tandas Damayanti.

SMS gateway dinilai sangat efektif karena berfungsi sebagai pengingat bagi anggota dewan terkait agenda kegiatan kedewanan mereka. “Mereka kan sangat sibuk. Jadi bermanfaat bila ada pemberitahuan urgent, rapat dadakan atau berita duka,” tuturnya.

SMS gateway tersebut, kata Damayanti, telah berfungsi efektif sejak tahun 2010 lalu. “Rencananya ke depan kita juga akan memberlakukan SMS pengaduan masyarakat,” imbuhnya.

Top Trending: Jerome Polin Jadi Sasaran Netizen hingga Imam Masjidil Haram Cari Kuliner Indomie

Layanan baru itu akan segera diluncurkan pihak Kesetjenan DPR dalam waktu dekat. “Secara infrastruktur, kami sudah siap meluncurkan fasilitas itu,” katanya. (umi)

Arab Saudi Dilanda Hujan Deras

Arab Saudi Dilanda Hujan Deras, Makam Nabi Muhammad Terkena Dampaknya

Hujan deras dan badai yang melanda Arab Saudi dalam 24 jam terakhir menyebabkan banjir dan kerusakan yang meluas, pihak berwenang kini membantu daerah yang terkena dampak

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024