KPK Diuji Kasus Suap Kemenpora

Ahmad Yani (PPP)
Sumber :
  • Antara/ Reno Esnir

VIVAnews - Mindo Rosalina Manulang, tersangka suap proyek wisma atlet SEA Games, disebut-sebut diperas salah satu oknum yang mengaku anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rosa diperas Rp1 miliar dengan janji akan dibebaskan.

Hal itu, mengundang sejumlah komentar dari berbagai pihak. Termasuk, Ahmad Yani, anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat. "Kasus wisma atlet ini, KPK memang diuji," ujarnya saat ditemui VIVAnews.com di Jakarta.

Menurut Yani, KPK harus berani mengungkap kasus korupsi tersebut karena data-data mengenai suap itu sudah masuk dalam lembaga itu. "Saya yakin sudah ada di KPK semua. Jadi, KPK berani atau tidak," tuturnya.

Sejak awal, dia menyarankan, agar KPK memproses atau mengaudit seluruh prasarana Sea Games XXVI di Palembang. "Jadi, tidak hanya wisma atlet saja," tutur Yani.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Untuk itu, Yani mengakui, akan mendorong agar KPK mengusut tuntas kasus suap tersebut. Sebab, ini tidak hanya melibatkan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Wafid Muharramwafid, tapi ada keterlibatan pejabat tinggi yang ada di pusat maupun di Palembang. "Jelas, ini permainan," tuturnya.

Kendati demikian, Yani merasa tidak optimis bahwa KPK bisa mengusut tuntas kasus suap tersebut. "Sejak awal, banyak catatan-catatan saya tentang KPK. Karena saya lihat, kinerja KPK ini tidak jelas," ujarnya.

Selain itu, dia menambahkan, kinerja KPK tidak pernah fokus dalam memberantas suatu tindak pidana korupsi. Bahkan, sampai saat ini, KPK tidak mempunyai road map pemberantasan tindak pidana korupsi. "Lihat saja sampai sekarang belum. Kok lama sekali dia memproses kasus ini (suap Kemenpora). saya sudah pupus harapan kepada KPK," ujar Yani.

Rosa adalah tersangka kasus suap proyek wisma atlet. Dia diduga bersama dengan Manajer Marketing PT Duta Graha Indah Muhammad El Idris telah menyuap Sekretaris Kemenpora Wafid Muharram. (adi)

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?
Presiden Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Ju

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024