Garuda Pertanyakan Rekayasa Harga Pesawat

Garuda Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Serikat Pekerja (SP) Garuda atau Sekarga mengadukan manajemen PT Garuda Indonesia ke Dewan Perwakilan Rakyat dan Komisi Pemberantasan Korupsi dengan tuduhan merekayasa harga pembelian pesawat.

Namun, Ikhsan Rosan, Corporate Communication Garuda Indonesia menuturkan, pihaknya malah mempertanyakan proses pembelian pesawat yang diduga direkayasa harga pembeliannya tersebut.

Meriahnya "The Show Live On Tour 2024", Niall Horan Siap Manjakan Penggemarnya di Indonesia

"Kami menunggu penjelasan lengkap mengenai pembelian pesawat yang telah dilaporkan ke DPR maupun KPK itu. Pesawat apa dan tahun berapa yang dianggap bermasalah," ujarnya saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Rabu 18 Mei 2011.

Sebab, dia menambahkan, sejak tahun 1998 hingga saat ini, setiap pengadaan armada penerbangan Garuda Indonesia sudah melalui proses keterbukaan informasi ke publik. "Jadi, kalau kita melakukan penawaran harga untuk membeli pesawat, kita umumkan ke masyarakat melalui media asing maupun domestik. Bahkan, di situs kami juga bisa diakses," tutur Ikhsan.

Pujobroto, Corporate Secretary Garuda Indonesia sebelumnya juga mengatakan bahwa dugaan itu perlu dibuktikan kebenarannya. Sebab, menurutnya, perseroan selalu mengedepankan dan mengutamakan program pengadaan barang dan jasa pemerintah secara elektronik (e-procurement) yang merupakan solusi mencegah terjadinya korupsi.

"Bahkan, kita adalah BUMN yang mempelopori penggunaan program itu," ujarnya saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, belum lama ini.
 
Tujuan dari e-procurement itu sendiri, tambah Pujobroto, sebagai bagian dari prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance. "Jadi, kita selalu mengedepankan aspek-aspek itu semua," kata dia.

Sementara itu, kasus ini muncul ke permukaan setelah DPR menerima laporan Serikat Pekerja Garuda yang menuding ada rekayasa harga dalam proses pembelian pesawat. (eh)

PSSI Minta Maaf Usai Komentar Rasis Serbu Instagram Federasi Sepakbola Guinea
Justin Bieber dan Hailey Baldwin.

Potret Hailey dan Justin Bieber Umumkan Kehamilan Anak Pertamanya, Banjir Ucapan Selamat

Dalam unggahannya tersebut, Hailey Baldwin tampil elegan mengenakan gaun renda berwarna putih. Sementara Justin Bieber, terlihat mengenakan jaket berbulu berwarna hitam.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024