Muqowam ke Komisi II untuk Lobi UU Politik

Akhmad Muqowam
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews – Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menegaskan bahwa rotasi Ketua Komisi IV DPR, Akhmad Muqowam, ke Komisi II bukan karena alasan politis. Wasekjen PPP, Romahurmuziy, mengatakan Muqowam saat ini dibutuhkan partai di Komisi II untuk melakukan lobi UU Paket Politik, utamanya UU Pemilu, yang akan mulai dibahas pada masa persidangan ini.

“Kami justru membutuhkan kepemimpinan beliau sebagai Ketua DPP di Komisi II. Kebetulan beliau di partai juga menjabat sebagai Ketua DPP Bidang Politik. Jadi Komisi II itu sangat sesuai dengan kompetensi beliau,” kata Romahurmuziy saat berbincang dengan VIVAnews, Jumat 20 Mei 2011. Ia menekankan, UU Paket Politik merupakan UU yang krusial bagi semua partai politik, termasuk PPP.

Pria yang akrab disapa Romi itu menjelaskan, Muqowam dikenal sebagai sosok yang piawai melakukan lobi-lobi politik ke partai-partai lain. “Jadi kami memerlukan keahlian lobi beliau dalam pembahasan UU Paket Politik. Terlebih, terkait soal Parliamentary Threshold (ambang batas parlemen) yang diperjuangkan PPP sebesar 2,5 persen,” papar Romi.

Sebelum Muqowam dirotasi ke Komisi II, kata Romi, anggota PPP di Komisi II tidak ada yang berasal dari unsur DPP atau pengurus pusat partai. “Mereka semua berasal dari DPW (Dewan Pimpinan Wilayah), jadi belum ada yang sepiawai Pak Muqowam dalam melobi elit-elit politik partai lain,” ujar Romi. Ia menambahkan, kepemimpinan Muqowam sebagai Ketua DPP sangat diperlukan untuk mengarahkan anggota-anggota Fraksi PPP lainnya di Komisi II.

“Jadi tolonglah kami dibantu, jangan berprasangka buruk. Ini demi kepentingan yang lebih besar,” tutur Romi. Ia menilai rotasi Muqowam ke Komisi II menjadi ramai karena Muktamar PPP yang mengagendakan pemilihan Ketua Umum akan segera digelar Juli nanti. “Isu ini dipolitisir,” keluh Romi.

Ia menjelaskan, rotasi semacam itu biasa dilakukan oleh semua fraksi di DPR. “Demokrat malah sudah dua kali melakukan rotasi,” kata Romi. Sementara PPP, lanjutnya, baru kali ini melakukan rotasi. “Yang dirotasi pun bukan hanya Pak Muqowam, tapi hampir separuh anggota Fraksi PPP di enam komisi DPR,” jelasnya. Jadi, tegasnya, PPP memang sedang melakukan rotasi besar-besaran demi efisiensi dan efektivitas tugas kedewanan.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
Kim Min-jae saat Napoli melawan Inter Milan

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Pada Senin, 22 April, Inter Milan meraih Scudetto ke-20 dalam sejarah mereka, dan cara mereka memastikannya tidak bisa lebih memuaskan lagi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024