Komplotan Warga Asing Tipu Uang Miliaran

Tersangka pembunuh nasabah Citibank.
Sumber :
  • ANTARA/DHONI SETIAWAN

VIVAnews - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya membongkar komplotan WNA sindikat jaringan penipu pedagang yang mempedayai korban hingga miliaran rupiah. Dua orang diduga sebagai otak pelaku berhasil ditangkap, yakni Feng Youju (38) dan Chen Jian (36) dari Ghuangzou, Cina.

Polisi juga menangkap dua lainnya yang menyaru sebagai pemandu, Siti Aminah (27) dan Tony Setiawan (34), warga Dusun Kenanga,
Nanga Pinoh, Melawai, Kalimantan Barat juga diamankan.

"Otaknya sudah ditangkap. Tapi, masih ada ratusan tersangka lain dalam satu komplotan yang menyebar," kata Kanit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya, AKP Agung Pribadi, Rabu 1 Mei 2011.

Dihubungi terpisah, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Surabaya, AKBP Anom Wibowo membenarkan, komplotan itu menguras harta para korban hingga mencapai Rp2,1 miliar. Di Surabaya, kawanan WNA ini sudah 3 kali beraksi. Kelompok lainnya, diduga lebih 200 orang menyebar di berbagai wilayah di Indonesia. "Feng dan Chen yang beraksi di Surabaya," kata Anom.

Terkait itu, polisi menerima pengaduan seorang pelapor atas nama Sunarya Indrawila, pedagang grosir di Pasar Atom. Korban mengaku, barang dagangannya dikuras hingga mencapai Rp700 juta.

Modus yang dilakukan, layaknya turis asing tersangka Chen Jian dan Tony pura-pura menjadi pembeli di toko milik korban. Tony, yang berperan sebagai pemandu mengatakan orang yang dibawa hendak memborong berbagai barang.

Saat yang sama, muncul Chen yang mengaku sebagai orang pintar. Dengan daya linuwih, mengatakan bisa menerawang peristiwa yang akan terjadi. Korban diminta menyediakan sesaji atau mahar. Karena untuk menghindari balak yang akan menipa. Yakni, bakal kehilangan anggota keluarga atau anaknya yang akan mati.

"Akan terjadi bencana besar berupa kematian salah satu anggota keluarga. Korban kemudian mengikuti petunjuk tersangka, menyediakan hartanya untuk tolak balak berupa uang tunai, barang-barang dagangan dan perhiasan senilai Rp700 juta," jelasnya.

Hingga kini, polisi terus mengembangkan kasusnya. Diduga, masih ada ratusan tersangka lain yang melakukan modus serupa dengan target menguras harta para pedagang. Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

Bungkam Bayern Munich, Real Madrid Tantang Borussia Dortmund di Final Liga Champions
Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Terpopuler: Mitos Fakta Lahir C-Section Seperti Ria Ricis, Trik Hindari Heatstroke saat Ibadah Haji

Berita mengenai mitos dan fakta seputar lahir C-Section yang dilakukan Ria Ricis karena kurang nafkah batin diserbu pembaca, hingga mengantarkannya di deretan terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024