Ini Keuntungan Beli Saham Newmont

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Pemerintah melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP) memutuskan membeli 7 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara, hasil divestasi 2010. Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, pembelian ini diputuskan setelah pemerintah mengkaji manfaat ekonomi atas investasi tersebut.

Agus menegaskan, secara historis Newmont Nusa Tenggara memiliki kinerja keuangan bagus dengan profitabilitas yang cukup tinggi, baik dihitung berdasarkan operating profit margin, net profit margin, return on asset, maupun return on equity.

"Tingginya profitabilitas yang dihasilkan tersebut menunjukkan kapasitas dan kapabilitas perusahaan dalam menjalankan operasionalnya," kata Agus saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat di Gedung MPR-DPR, Jakarta, Rabu malam, 1 Juni 2011.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, keterlibatan pemerintah dalam pengelolaan Newmont Nusa Tenggara akan mendorong peningkatan penjualan konsentrat ke dalam negeri, melalui pengelolaan konsentrat menjadi produk final. Serta mendorong perkembangan industri hilir melalui penyediaan bahan baku yang lebih berkesinambungan. "Berbagai hal tersebut bertujuan sebagai upaya meningkatkan nilai tambah bagi pendapatan nasional," katanya.

Berdasarkan hasil kajian pembelian saham divestasi, Agus memperkirakan pemerintah akan mendapat hasil dari pembagian dividen saham Newmont hingga 2028 mencapai US$485,3 juta. Jumlah ini jauh lebih tinggi dibandingkan angka investasi yang hanya US$246,8 juta. "Benefit and cost ratio mencapai 197 persen."

Menurut Agus, pembelian saham ini juga memiliki potensi peningkatan nilai yang berasal dari capital gain dan potensi penambangan cadangan emas dan tembaga dari Blok Elang yang masih dalam tahap eksplorasi awal.

Berikut beberapa keuntungan lain versi pemerintah dengan pembelian saham divestasi Newmont Nusa Tenggara melalui PIP:
1. Kepemilikan 51 persen oleh beberapa unsur nasional akan menjaga kepentingan nasional berdasarkan prinsip-prinsip international best practice.
2. Mendukung dan memastikan compliance perusahaan dalam pembayaran pajak, royalti, kewajiban corporate social responsibility sehingga multiplier effect dari industri tersebut dapat lebih dirasakan masyarakat sekitar.
3. Peningkatan transparasi dan akuntabilitas akan menciptakan model bisnis yang lebih baik.
4. Membangun governance dan pengawasan yang lebih baik sehingga menciptakan iklim bisnis dan mekanisme kerja sama pengelolaan pertambangan di Indonesia yang kondusif, adil, dan juga memberi manfaat besar bagi negara.
5. Mendorong Newmont Nusa Tenggara untuk lebih mematuhi ketentuan perundangan di bidang pengelolaan lingkungan hidup.
6. Mendorong Newmont Nusa Tenggara untuk segera go public.
7. Pendayagunaan dana PIP untuk menghasilkan return yang lebih baik.
8. Memberikan arahan agar Newmont Nusa Tenggara meningkatkan kinerjanya.
9. Menjadi perekat antar pemegang saham nasional.
10. Bersama pemegang saham nasional mengarahkan Newmont Nusa Tenggara untuk melakukan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia umumnya dan rakyat NTB khususnya. (eh)

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!
Pabrik GAC Aion / perakitan mobil

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Dalam kurun waktu singkat, perusahaan berhasil menunjukkan dedikasi dan komitmennya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024