BPR Paling Banyak Lapor Keuangan Mencurigakan

Logo PPATK
Sumber :
  • ppatk.go.id

VIVAnews - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menerima 70 ribu laporan transaksi keuangan mencurigakan (LTKM) sejak berdiri 2002 hingga April 2011. Laporan itu 80 persennya berasal dari bank, terutama Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

"80 persennya dari bank, non-bank masih kecil, dari 80 persen itu lebih banyak dari BPR," kata Direktur Pengawasan dan Kepatuhan PPATK, Subiantoro, di Jakarta, Senin, 6 Juni 2011.

Ia menjelaskan BPR dicurigai sebagai tempat pencucian uang atau money laundering. Untuk itu, PPATK gencar melakukan sosialisasi kepada BPR dan jasa keuangan lainnya.

"Kami sudah roadshow ke daerah-daerah. Marathon di Semarang, Jawa Tengah tentang registrasi Gathering Report Information in Reporting System (GRIPS), Aplikasi baru untuk laporan ke PPATK," ujarnya.

Menurut dia, lembaga jasa keuangan seperti industri perbankan dan non-bank dicurigai menjadi sarana menyamarkan pencucian uang atau money laundering.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

"Kami mengimbau agar jasa keuangan hati-hati dan segera melapor jika mengendus transaksi yang tidak wajar," kata dia.

Dari laporan sebanyak 70 ribu tersebut, Subiantoro menyatakan LTKM berasal dari 121 bank dan jasa keuangan lainnya seperti asuransi dan perusahaan sewa guna usaha (leasing). (art)

Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth | Saat ini jaringan internet sudah semakin luas tersedia untuk banyak orang.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Anak usaha Jakpro menginisiasi pemanfaatan lampu jalan milik Pemerintah Provinsi Jakarta untuk dikembangkan menjadi PJU Pintar. Bisa terkoneksi internet dan 5G.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024