Cegah Obesitas Anak dengan Memasak Bersama

Ibu ajari anak memasak.
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Liburan bersama keluarga ke luar kota adalah hal biasa. Tapi, bagaimana jika liburan panjang Anda dan keluarga diisi dengan kegiatan memasak bersama.

Tak hanya menyenangkan, tetapi juga bisa menurunkan keahlian seni memasak serta melanggengkan resep keluarga pada anak-anak. Berdasarkan sebuah penelitian, melakukan kegiatan memasak bersama keluarga juga bisa menjadi aktivitas yang menyehatkan.

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Saat ini, cukup sulit bagi orangtua dengan jadwal yang sibuk untuk memeriksa pekerjaan rumah anak-anak, apalagi mengajarkan mereka memasak sehat. Tapi setelah Anda dan suami serta anak-anak bisa memiliki waktu libur yang sama, kenapa tidak berpikir untuk melakukan aktivitas sehat dengan memasak bersama.

Seperti dilansir dari Times of India, penelitian yang dilakukan American Heart Association mengungkap bahwa masalah kelebihan berat badan pada anak-anak bahkan bisa ditangani dengan melibatkan anak-anak dalam perencanaan menu, belanja, dan memasak.

Mengajarkan anak-anak bagaimana cara memasak dan menghargai makanan sehat juga mengurangi jumlah makanan yang mereka makan di luar. Dengan memasak sendiri makanannya, anak-anak juga bisa lebih menikmati makanan yang dimasaknya sendiri.

Dalam jangka pendek, mengajar anak-anak Anda cara memasak yang sehat akan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Mereka juga akan lebih senang untuk bergabung dan bekerjasama untuk membantu Anda mempersiapkan makanan.

Memasak juga merupakan kegiatan untuk membuka jalur komunikasi antara anak dan orangtua. Anak-anak bisa cenderung menghindari junk food ketika mereka senang memasak dan makan di rumah dengan orang tua mereka. Beberapa studi telah membuktikan bahwa memasak bersama-sama membantu membangun ikatan antara orangtua dan anak-anak.

Dalam jangka panjang, memasak membuat anak lebih mudah dalam menerapkan kebiasaan makan yang sehat. Itu karena, anak-anak yang makan makanan sehat di usia muda, cenderung akan terus mengonsumsi makanan sehat di masa dewasanya.

Untuk memulainya ajak saja anak Anda untuk mempersiapkan menu sarapan. Tidak hanya sarapan sehat yang menjadi landasan gaya hidup sehat, tetapi juga bisa mengajarkan anak menggunakan alat-alat dapur. Seperti bagaimana cara memotong, memulas mentega, menuang sereal, mengupas kulit buah, menuangkan susu, serta tugas-tugas kecil lainnya.

Mengajarkan anak bagaimana memilih makanan sehat seperti makanan kaya serat dan biji-bijian kaya nutrisi, buah-buahan, serta produk susu juga bisa diajarkan melalui sarapan. Jika sulit untuk mengajarkannya saat sarapan, mungkin bisa mengajarkannya saat libur akhir pekan.

Ajarkan pula si kecil bagaimana membuat masakan dengan resep makanan sederhana yang bisa mereka buat sendiri saat Anda tidak ada di rumah. Begitu mereka menguasai bagaimana teknik dan cara memasak yang benar, bisa jadi mereka dapat membantu Anda menyiapkan berbagai hidangan menu untuk hari istimewa keluarga. Selamat memasak! (eh)

Mobil Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Ini Mobil Andalan Pelatih Timnas Shin Tae-yong untuk Jalan-jalan di Indonesia

Timnas Indonesia U-23 racikan pelatih Shin Tae-Yong berhasil lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 dengan mengalahkan Korea Selatan. Intip yuk mobil andalan pelatihnya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024