BPOM: Belum Ditemukan Bakteri E Coli

Kepala BPOM Kustantinah (kiri)
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews - Badan Pengawas Obat dan Makanan menyatakan hingga saat ini, belum ditemukan produk impor pangan olahan asal Eropa maupun negara lain yang mengandung bakteri Escherichia Coli (E Coli) yang telah menjangkiti ribuan orang.

"Hingga saat ini, produk impor pangan olahan dari Eropa maupun negara lain aman dari bakteri E Coli," kata Kustantinah, Kepala BPOM, saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Rabu 8 Juni 2011.

Menurut Kustantinah, produk pangan olahan impor dinilai bebas dari bakteri itu karena berdasarkan penelitian E Coli akan mati bila terkena suhu 70 derajat celsius. "Yang disinyalir terkena wabah itu kan, pangan segar, baik buah-buahan maupun sayur mayur," tuturnya.

Kendati produk pangan olahan impor tidak mengandung bakteri E Coli, kata dia, BPOM terus melakukan pengawasan dan pengujian di laboratorium terhadap pangan di sejumlah pasar maupun supermarket. "Kami tetap waspada akan wabah yang saat ini sedang melanda Eropa," ujar Kustantinah.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengimbau pada masyarakat agar waspada terhadap penyakit akibat bakteri E Coli. Sebab, menurut dari data Kementerian Kesehatan, wabah penyakit  ini sebenarnya mulai terjadi di Jerman pada pertengahan Mei 2011.

Sampai 2 Juni 2011, Jerman menemukan 520 kasus haemolytic uraemic syndrome (HUS) dengan 11 kematian. Terdapat 1.213 kasus enterohaemorrhagic Escherichia coli (EHEC), 6 diantaranya meninggal. Artinya, di Jerman terdapat 1.733 kasus dan 17 kematian .

"Selain Jerman, ada 11 negara lain yang menemukan kasus yang sama  yaitu Austria, Czech Republic, Denmark, Prancis, Belanda, Norwegia, Spanyol, Swedia, Switzerland, Inggris dan Amerika Serikat," kata Tjandra Yoga Aditama, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI, dalam rilis yang diterima VIVAnews.com.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon
Nikmatul Rosidah dan suami

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Media sosial dihebohkan dengan seorang bule Kanada bernama Dobson yang mengungkapkan pengalaman mengagumkan saat dirinya menikah dengan wanita Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024