Jalan di Lampung Ambles, Macet 11 Jam

Jalan rusak di Jakarta
Sumber :
  • bataviabusway.com

VIVAnews - Belum lagi selesai perbaikan, Jalan lintas Sumatera tepatnya di kilometer 81/82 di Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, kembali ambles. Jalan utama itu amblas dini hari tadi, sekitar pukul pukul 01.00 WIB, Rabu 15 Juni 2011.

Pantauan VIVAnews.com, ratusan kendaraan yang menuju Bandar Lampung atau sebaliknya, menuju Pelabuhan Bakauheni terjebak kemacetan panjang selama 11 jam. Kemacetan diperparah perbaikan yang lamban, sehingga ratusan mobil tidak bisa jalan merayap.

Guna mengatasi semakin parahnya kemacetan, mulai pukul 07.00 pagi tadi, Satuan Lalu Lintas Polres Lampung Selatan mengalihkan arus kendaraan dari Bandar Lampung ke jalan alternatif Simpang Gayam.

Jalur alternatif ini akan menuju ke jalan lintas pantai timur (Jalinpantim) Simpang Ketapang menuju Pelabuhan Bakauheni. Hal serupa dilakukan bagi kendaraan dari Bakauheni menuju Bandar Lampung.

"Kalau tidak dialihkan ke jalan alternatif, kemacetan akan semakin panjang di jalan nasional ini. Sementara, perbaikan jalan ambles belum bisa dipastikan selesainya," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lampung Selatan Ajun Komisaris Polisi Sarpani saat dihubungi VIVAnews.com, Rabu 15 Juni 2011.

Belum lagi, jalan darurat di samping jalan yang rusak itu digunakan untuk arus lalu lintas. Jalan itu awalnya sedang diperbaiki karena adanya pembongkaran gorong-gorong. Namun, jalan darurat yang digunakan juga ambles saat dilalui kendaraan bertonase berat. "Pengalihan jalur ini juga tanpa memberi tahu kami," tambah Sarpani.

Sarpani juga menyayangkan pemborong yang tidak memasang lampu penerang pada lokasi perbaikan dan jalur pengalihan saat jalan itu ambles. Kondisi itu menyulitkan petugas. Kondisi itu juga bisa memicu kecelakaan lalu lintas. Salah seorang warga juga mengeluhkan hal kondisi jalan ini.

Perusahaan penanggung jawab perbaikan jalan menargetkan proyek ini rampung sebelum Idul Fitri. Proyek ini menyangkut perbaikan tiga titik gorong-gorong di jalan lintas Sumatera di Km 76/77, 77/78 dan 81/82 Desa Hatta, Bakauheni, yang rawan longsor. Selanjutnya, setelah Lebaran, perusahaan kembali memperbaiki gorong-gorong di Km 67/68 Desa Tamanbaru, Penengahan, Lampung Selatan. (Laporan: Andry Kurniawan, Lampung | umi)

Jangan Malas, Olahraga Bisa Jaga Kesehatan Jantung Hingga Turunkan Risiko Kanker Lho!
Turnamen PBSI Sumedang Open 2024

Sukses Digelar, Turnamen PBSI Sumedang Open 2024 Diharap Lahirkan Atlet Terbaik

Turnamen Bulutangkis PBSI Sumedang Open 2024 sukses digelar di GOR Sampurna Sumedang, Indra Jayaatmaja, Ketua PBSI Sumedang berharap ajang ini lahirkan atlet terbaik.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024