Gayus Lumbuun Sindir OC Kaligis

Pengacara OC Kaligis menunjukkan alat bukti
Sumber :
  • Antara/ Arief Priyono

VIVAnews - Politisi senior PDIP, Gayus Lumbuun kembali beda pendapat dengan pengacara senior, OC Kaligis. Kali ini Gayus menyoroti peran OC dalam kapasitasnya sebagai kuasa hukum, Muhammad Nazaruddin.

"Tidak boleh seseorang mengaku-ngaku jadi kuasa hukum berbicara tentang hal-hal yang masuk dalam materi perkara apalagi buat pembelaan sebelum perkara ini berjalan," kata Gayus di Jakarta, Minggu, 19 Juni 2011.

Menurut Gayus, tidak hanya di Indonesia kuasa hukum dilarang mancampuri materi perkara, namun juga di negara-negara lain. "Diranah pidana tidak ada orang yang boleh mewakili atas nama orang yang menjadi kliennya," ujar Gayus.

Gayus menambahkan, hal seperti ini boleh terjadi namun hanya dalam kasus perdata. "Kalau Nazaruddin memberi kuasa dalam hal ini, dia tidak boleh melakukan itu karena kasusnya pidana bukan perdata," jelas Gayus.

Nazaruddin menunjuk OC pada 16 Juni lalu sebagai pengacaranya. Setelah mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu menunjuk OC, dia mengatakan banyak yang terlibat dalam kasus suap Seskemenpora.

"Ini Partai Demokrat bisa bubar. Tapi tentu Demokrat akan sangkal ini," kata pengacara senior ini. OC mengaku telah menyiapkan data-data dan sejumlah bukti untuk membela Nazaruddin. Pernyataan lengkap OC baca di sini.

Pernyataan OC inilah yang mendapatkan reaksi dari Gayus. "Tiba-tiba buka masalah, tunjuk orang lain dan tiba-tiba kliennya sebut-sebut sesuatu kasus dengan menyebut-nyebut nama orang lain, itu melebihi kewenangannya sebagai kuas hukum," tegas Gayus.

Nazaruddin sendiri dalam Blackberry Messenger yang diterima VIVAnews.com pekan lalu, dia menyebut ada tiga politisi yang terseret kasus dugaan suap di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Salah satu yang disebut Nazaruddin adalah anggota Komisi X Bidang Olahraga Demokrat, Angelina Sondakh.

"Yang bermain anggaran di Kemenpora itu Ibu Angelina dan Pak Wayan Koster dan pimpinan Banggar, MA. Bukan saya," kata Nazaruddin.

Bukan kali ini saja perang dingin Gayus dengan OC Kaligis berlangsung. Saat keduanya diundang dalam acara talkshow di Tvone tahun lalu juga berbeda pendapat. Saat itu sedang membicarakan kasus Cicak versus Buaya. Bahkan, saking emosinya, Gayus emosi dan hendak memukul OC. Namun urung. Lihat videonya di sini. (sj)

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024