Wajah Cantik Bebas Jerawat Saat Hamil

Ibu Hamil
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - Perubahan hormon selama kehamilan kerap membuat wajah calon ibu berseri-seri. Namun tak jarang pula,  ibu hamil mengalami masalah jerawat. 

Anaknya Dituding Selingkuhan Rizky Nazar, Ibu Salshabilla Adriani: Bunda Tahu Sakitnya Hati kamu

Selama kehamilan, ada serangkaian perubahan pada hormon tubuh, termasuk androgen yang memicu  jerawat. Meskipun Anda tidak akan pernah mengendalikan perubahan hormon tubuh Anda, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang dapat membantu mencegah dan mengobati jerawat Anda.

Berikut tipsnya seperti dikutip dari Modern Mom:

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala


Langkah 1

Cuci wajah Anda setiap pagi dan sore dengan sabun ringan yang tidak mengandung banyak wewangian dan aditif. Hormon kehamilan dapat menyebabkan produksi minyak meningkat, sehingga jaga selalu kebersihan wajah Anda.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Rutin mencuci wajah bisa membantu mencegah timbulnya jerawat. Menggunakan air suhu ruangan akan lebih baik daripada air hangat. Hindari exfoliant keras yang dapat mengiritasi kulit Anda.

Langkah 2

Tepuk-tepuk wajah Anda dengan handuk kering dan bersih. Lalu beri olesan krim pelembab wajah yang ringan. Dengan mengenakan pelembab bisa membantu mencegah kulit memproduksi minyak berlebih.

Langkah 3

Ubah rutinitas tata rias Anda. Gunakan make up hanya saat-saat tertentu saja, dan itupun jika memang benar-benar diperlukan. Pilih riasan bebas minyak yang aman digunakan, tidak menyumbat pori-pori dan gunakan secara hemat. Hindari penggunaan make up harian hanya untuk menutupi jerawat, karena beberapa kosmetik dapat membuat lebih buruk.

Langkah 4

Hindari menyentuh wajah dengan telapak tangan. Hal ini penting utuk menjaga wajah Anda terbebas dari minyak yang berlebihan dan bakteri penyebab jerawat dari sumber luar.

Ikat rambut jika terasa lepek dan berminyak, apalagi jika Anda menggunakan produk rambut yang dapat mengiritasi kulit Anda. Cuci sarung bantal Anda secara teratur dengan deterjen hypoallergenic. Bersihkan ponsel Anda dengan pembersih antibakteri .Semua tindakan ini bisa membantu mengurangi produksi minyak di kulit.


Langkah 5

Tetap terhidrasi dan makan diet tinggi buah-buahan segar dan sayuran untuk memberikan nutrisi yang diperlukan dan melembabkan kulit yang bersih dan sehat. Hindari konsumsi gorengan dan cokelat karena berisiko menimbulkan jerawat. Konsumsi makanan bergizi akan lebih baik dan mampu membantu Anda menjaga kulit tetap sehat.


Langkah 6

Temui dokter anda jika perubahan rutinitas perawatan kulit Anda tidak membantu membersihkan dan mencegah jerawat Anda. Beberapa resep antibiotik topikal dan over-the-counter perawatan benzoil peroksida dapat membantu. Dokter Anda akan tahu, obat apa yang aman Anda konsumsi saat masa kehamilan, sehingga tidak berisiko pada janin. (eh)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya