Empat BUMN Asuransi Dilebur

ilustrasi asuransi
Sumber :
  • Adri Prastowo

VIVAnews - Empat Badan Usaha Milik Negara di sektor asuransi, yakni PT Jamsostek (Persero), PT Askes (Persero), PT Asabri (Persero), dan PT Taspen (Persero) rencananya akan digabung menjadi satu dalam rangka pembentukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Pemerintah dan DPR sudah menyepakati," kata Kepala Biro Humas Kementerian Keuangan, Yudi Pramadi, dalam keterangannya soal progres pembahasan RUU BPJS di Jakarta, Senin 11 Juli 2011.

Terkait dengan peleburan tersebut, pemerintah dan DPR menyepakati beberapa prinsip. Pertama, tidak ada pemutusan hubungan kerja karyawan pada empat BUMN itu karena alasan pengalihan dan tidak ada penghilangan hak-hak normatif dari karyawan.

Kedua, tidak merugikan peserta yang telah mengikuti program pada BUMN tersebut. Ketiga, tidak boleh ada program yang stagnan/terhenti. Keempat, setiap peserta hanya membayar satu kali untuk setiap program. Kelima, proses transformasi dikawal direksi empat BUMN yang koordinatornya ditunjuk oleh pemerintah. "Terakhir, kepastian dalam investasi keempat BUMN yang saat ini sudah berjalan dan telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Mustafa Abubakar, menegaskan bahwa BPJS yang saat ini sedang dibahas bersama DPR, ditekankan pada pembentukan badan baru yang menaungi masalah kesehatan.

"Nantinya, keempat BPJS yang telah ada tetap beroperasi ditambah dengan satu badan lagi," ujarnya saat ditemui di sela acara Fun Bike IPB di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu 10 Juli 2011.

Menurut Mustafa, pemerintah menghendaki pembentukan satu BPJS baru dan tetap mempertahankan yang lama. Keputusan ini telah dikaji pemerintah, setelah sebelumnya terdapat kajian untuk melebur seluruh BPJS menjadi satu.

"Yang baru itulah yang mengemban tugas kesehatan primer. Tempo hari kan ada wacana melebur yang sudah ada, itu terlalu berat. Nanti, untuk yang baru dibentuk, pihak Askes dan segala macam akan turut membantu," kata dia. (eh)

Farewell Party Turns to Funeral, 11 Dead Amidst Bus Crash in Subang
Pemain PSG Kylian Mbappe rayakan gol

Mbappe Acuhkan Liverpool, MU hingga Arsenal demi Real Madrid

Menyusul konfirmasi resmi awal pekan ini bahwa Kylian Mbappe akan meninggalkan Paris Saint-Germain pada akhir musim, Real Madrid dikabarkan bersiap memboyongnya.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024