Sambut Lebaran, BI Siapkan Rp61 Triliun

Penukaran Uang Pecahan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Bank Indonesia menambah pasokan persediaan uang menyambut hari raya lebaran. Tahun ini, BI menyediakan dana tunai Rp61 triliun atau naik dibanding tahun lalu sebesar Rp50 triliun.

Menurut Kepala Biro Humas BI, Difi A Johansyah, BI tahun ini mengantisipasi pengiriman uang ke daerah dua bulan sebelum lebaran. "Dari sekarang sudah mulai dicicil pengiriman uang. Untuk daerah, kami bekerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat," ujar dia kepada VIVAnews.com di Jakarta, Senin 25 Juli 2011.

Difi menjelaskan, jangkauan pengiriman uang tahun ini juga diperlebar. Ia mencontohkan, BI telah mengirimkan uang ke daerah perbatasan seperti Natuna, Kepulauan Riau melalui ekspedisi.

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

Sementara itu, BI juga bekerja sama dengan 11 bank dengan 300 kantor cabang. "Jadi, nanti nasabah maupun bukan nasabah bisa melakukan penukaran uang di sana," lanjutnya.

Seperti tahun sebelumnya, BI juga menyediakan kas keliling di beberapa lokasi seperti stasiun, rest area jalan tol, beberapa instansi, dan pasar-pasar di Jabodetabek. Bank sentral juga membuka penukaran uang di IRTI Silang Monas bekerja sama dengan enam bank yang juga menyediakan kas keliling.

"Waktunya masih belum ditentukan. Tahun ini akan ada penambahan frekuensi lebih tinggi dari tahun lalu," ujarnya. (art)

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad
Hyoyeon Girls Generation saat menggunakan kebaya Bali - Sunber Foto tangkapan layar Instagram @xosone_ss

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai melakukan pemeriksaan terhadap 31 WNA asal Korea Selatan dan 1 WNI dalam pembuatan film reality show' Pick Me Trip in Bali'.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024