JK: 20 Juta WNI Pilih Berobat ke Luar Negeri

Jusuf Kalla menjadi Ketua Umum PMI gantikan Marie Muhammad
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, mengatakan sekitar 10 persen penduduk Indonesia lebih memilih berobat ke luar negeri. Menurut dia, sekitar 20 juta penduduk Indonesia lebih memilih Singapura dan Malaysia untuk berobat.

Jusuf Kalla menyampaikan hal itu saat meresmikan pengoperasian Rumah Sakit Awal Bros Makassar.

Kalla mengatakan, 10 persen masyarakat itu termasuk orang-orang kaya di Indonesia. Padahal, kata Kalla, mereka sangat berpotensi untuk menghidupkan rumah sakit di Indonesia.

"Yang 10 persen ini pilih pelayanan terbaik dan akurasi jelas soal penyakit yang diderita. Mereka tidak pusing dengan urusan bayar membayar," kata Kalla.

Sementara itu, menurut Kalla, sekitar 40 persen masyarakat Indonesia masih memilih-milih pelayanan rumah sakit. Sedangkan penduduk yang pasrah pada apa pun kata dokter mencapai 50 persen.

Usai Ramai Digosipkan Selingkuh, Rizky Nazar Minta Maaf

"Mereka ini orang-orang yang tidak mampu dan pasrah terima apa saja, meski antre berjam-jam," kata Ketua Umum Palang Merah Indonesia ini.

Menurut Kalla, penyebab utama masyarakat suka berobat ke luar negeri karena kualitas dokter Indonesia masih ketinggalan dibanding Singapura dan Malaysia.

"Dokter-dokter luar luar negeri lebih teliti. Kita di sini, sistem dokter yang masih jelek dapat berpengaruh pada dokternya," ujar Kalla.

JK mengatakan, dokter Indonesia terkadang tidak teliti dalam mendiaknosa penyakit pasien. "Itu yang saya katakan tidak teliti. Padahal, dokter tidak boleh main hantam saja," paparnya.

Untuk itu, JK mengimbau agar dokter-dokter Indonesia tidak pernah berhenti belajar. Apalagi, dunia kedokteran itu berkembang 100 persen setiap tiga tahun. Dokter yang tidak menambah ilmunya setiap saat akan ketinggalan.

"Itulah makanya jangan marah dan heran jika 10 persen itu masih berobat di luar negeri," kata Kalla. (art)

Laporan: Rahmat Zeena l Makassar

Petugas menunjukkan emas Antam di Butik Antam Pulo Gadung, Jakarta (foto ilustrasi)

Harga Emas Hari Ini 27 April 2024: Emas Antam Kinclong di Akhir Pekan

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini tercatat dibanderol seharga Rp 1.236.000 per gram.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024