Harga Beras dan Daging Mulai Merambat Naik

Pedagang Telur
Sumber :
  • Vincent Yu

VIVAnews - Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan harga beras dan daging naik di atas 5 persen menjelang puasa. Sementara harga telur dan daging naik 2,29 persen.

"Kalau kita lihat harga minggu ketiga bulan Juli dibanding Juni itu yang naik adalah beras dan daging ayam, naiknya relatif diatas 5 persen," ujar Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu usai mengisi Rapat Koordinasi Pangan Nasional yang diselenggarakan oleh Kadin, di Hotel Nikko, Jakarta, Selasa 26 Juli 2011.

Menurutnya naiknya harga itu dikarenakan kebutuhan persiapan puasa, seperti membuat kue yang memerlukan banyak telur. Meski harga daging ayam dan telur naik, Mari memastikan dari sisi stok tidak akan kurang.

Kenaikan harga juga terjadi di beras karena trend setiap tahun. Mari mengatakan pemerintah telah melakukan operasi pasar di beberapa titik seperti Pasar Cipinang. Bulog sendiri telah diperintahkan untuk menyalurkan beras dalam jumlah yang tepat.

Long Weekend Hemat! 5 Rekomendasi Wisata Gratis dan Seru di Jakarta

"Kami sudah salurkan tepat waktu. Jika ada masyarakat berpendapatan rendah mereka bisa mendapatkan akses ke beras miskin," tambah Mari.

Meski beberapa bahan pangan naik, namun ada juga bahan pangan mengalami penurunan harga. Hingga minggu ketiga bulan Juli 2011, penurunan harga terjadi untuk gula pasir, cabai rawit, cabai merah, dan minyak goreng. (umi)

Mahalini dan Rizky Febian

Rizky Febian dan Mahalini Menikah 10 Mei 2024, Pakai Adat Sunda

Penyanyi Rizky Febian dan Mahalini akan segera melangsungkan pernikahan pada Jumat, 10 Mei 2024. Informasi itu disampaikan langsung oleh pihak keluarga Sule, Deni Uwaw.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024