Puasa, Lokalisasi Terbesar Yogya Tetap Buka

Suasana salah satu wisma di Gang Dolly, Surabaya
Sumber :
  • F.A. Aziz | Surabaya Post

VIVAnews – Lokalisasi terbesar di Yogyakarta, Pasar Kembang (Sarkem) yang berlokasi di Malioboro, akan tetap buka meski bulan puasa berlangsung.

“Meski tetap buka, namun transaksi tidak boleh vulgar,” kata Nurwidi, Kepala Bidang Pengendalian Operasi Dinas Ketertiban Yogyakarta, Kamis, 28 Juli 2011. Ia menjelaskan, Sarkem tetap buka karena lokasinya berada di dalam kampung, yaitu di selatan stasiun Tugu Yogyakarta, tak jauh dari Malioboro.

Lokalisasi Sarkem, menurut Nurwidi, telah ada sejak masa penjajahan Belanda. “Lokasi yang tepat di jantung kota, menyebabkan Sarkem selalu ramai. Namun kita juga tetap tidak tinggal diam. Razia penyakit masyarakat selama puasa akan kita gencarkan,” tegas Nurwidi.

Nurwidi menjelaskan, Pemerintah Kota Yogyakarta sebenarnya tidak pernah melegalkan Pasar Kembang maupun tempat prostitusi lainnya yang ada di wilayah kota Yogyakarta. “Kita bersama dengan pihak kepolisian Poltabes Yogyakarta akan merazia lokasi-lokasi yang digunakan untuk kegiatan prostitusi seperti Bon Suwung – taman kota yang lokasinya berdekatan dengan Bank Indonesia,” paparnya.

Nurwidi menambahkan, khusus di Pasar Kembang, saat ini jumlah PSK-nya lebih dari 200 orang. “Operasi di lokasi-lokasi yang diduga untuk prostitusi dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Walikota bernomor 556/47/SE/2011 tentang Ketentuan Penyelenggaraan Usaha Kepariwisataan pada Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2011,” terang Nurwidi.

“Operasi itu menyasar usaha rekreasi dan hiburan umum di luar hotel seperti diskotek, panti pijat, dan karaoke dengan kamar VIP,” imbuh Nurwidi. Sementara untuk tempat hiburan seperti karaoke biasa tanpa ruang VIP, dibolehkan buka pada pukul 22.00-01.00 WIB.

“Jika ada pelanggaran, kami akan langsung menindak dengan memberikan teguran tertulis, perintah penutupan, hingga penutupan paksa,” tegasnya. (eh)

Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta

Bus Maut di Ciater Tewaskan 11 Orang, Kemenhub: Menyedihkan, Uji KIR-nya Mati Sejak 2023
Ilustrasi seks/bercinta.

Terpopuler: 3 Posisi Seks Garang Hingga Hermes Bukan Termahal di Dunia 

Sejumlah berita di kanal Lifestyle VIVA, sukses mencuri perhatian pembaca. Satu yang tak pernah absen yaitu soal edukasi seks, di mana kali ini membahas soal posisi seks.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024