Ribuan Warga Bali Padati Pasar Ramadan

Ilustrasi jajanan Buka Puasa
Sumber :
  • Mutia Nugraheni/VIVAnews

VIVAnews - Bulan Ramadan membawa berkah tersendiri bagi warga di Kampung Jawa, Denpasar, Bali. Setiap bulan puasa umat Islam ini, warga Kampung Jawa menggelar pasar dadakan dengan menyediakan menu khas untuk berbuka puasa. Rezeki melimpah pun berhasil mereka dapatkan.

Pantauan VIVAnews.com, menjelang pukul 16.00 Wita, ribuan warga dari berbagai daerah di sekitar Denpasar mulai memadati pasar dadakan Ramadan ini. Saat itu, berbagai jajanan sudah tersaji di lapak-lapak. Para pembeli pun mulai berdatangan.

Semakin sore, pengunjung semakin melimpah. Menjelang pukul 17.00 Wita, para pengunjung telah memadati perkampungan ini.

Di pasar Ramadhan Kampung Jawa ini, kudapan yang disajikan sangat beragam. Mulai gorengan seperti pastel, bakwan, risol, dan tahu isi. Tak hanya itu, menu makanan berat seperti lauk pauk juga tersedia di sini.

Tak ketinggalan, minuman segar seperti es buah, koktail, hingga kolak membuat pengunjung tak kuasa merogoh kocek untuk membeli persiapan berbuka ini.

Nia, warga sekitar lokasi mengaku kehadiran pasar dadakan ini cukup membantu dirinya dalam menyiapkan menu buka puasa. "Ya, di sini menunya banyak dan variatif. Jadi, banyak pilihan dan harganya juga relatif terjangkau," kata Nia kepada VIVAnews.com, Selasa 2 Agustus 2011.

Berbeda dengan Nia, Dullah yang sudah puluhan tahun merantau di Denpasar ini mengaku kehadiran pasar Ramadhan ini mampu melepas kerinduan kepada kampung halaman. "Sebab ada menu-menu yang tidak bisa kita temui sehari-hari disajikan di sini. Serasa lebih dekat dengan kampung halaman," kata Dullah.

Sementara itu, Nina, penjual makanan yang ditemui di lokasi mengatakan pasar ini dibuka setiap tahun pada bulan Ramadan saja. "Pasar dadakan ini tiap Ramadan pasti ada. Entah bagaimana awal mulanya, tetapi sudah menjadi kebiasaan setiap Ramadan tiba, pasar ini juga pasti ada," kata wanita berjilbab ini.

Sementara itu, interaksi penjual dan pembeli dapat dilakukan di atas sepeda motor. Karena sempitnya jalan, mobil pun tak bisa masuk.

Ramainya kendaraan pengunjung membuat perkampungan ini menjadi semakin padat dan macet. Beruntung kemacetan itu terjadi di dalam perkampungan bukan di jalan umum. (eh)

Laporan: Bobby Andalan l Bali

Selain Epy Kusnandar, Polisi Tangkap Pemain Sinetron Preman Pensiun Lainnya
Rizky Febian dan Mahalini

Menikah, Rizky Febian dan Mahalini Dapet Karangan Bunga dari Jokowi

Presiden Jokowi mengirim karangan bunga ucapan selamat berbahagia kepada pasangan pengantin baru, Rizky Febian dan Mahalini. Diketahui, keduanya menikah pada hari ini.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024