The Fed Yakinkan Pasar, Bursa AS Rebound

Reaksi para pialang di Wall Street atas naiknya harga saham
Sumber :
  • AP Photo/Richard Drew

VIVAnews - Indeks saham di bursa Amerika Serikat ditutup menguat tajam setelah Federal Reserve menyatakan bahwa bank sentral akan tetap menerapkan suku bunga rendah dalam dua tahun mendatang.

Koordinasi dengan Maktab, KUH Komitmen Tingkatkan Layanan Jemaah Haji

Langkah ini berhasil meyakinkan pasar, sehingga pada akhir perdagangan Selasa 9 Agustus, atau Rabu dini hari waktu Indonesia, indeks Dow Jones ditutup menguat hingga 4 persen.

Reli Dow Jones Industrial Average sangat cepat, khususnya pada satu jam sebelum perdagangan ditutup. Indeks Dow berakhir naik 429,92 poin atau sekitar 4 persen, dan  ditutup pada 11,239.77. Indeks 500 Standard & Poor juga naik sampai 4,7 persen, dan Nasdaq berakhir naik 5,3 persen.

The Fed menetapkan target tingkat suku bunga mendekati nol pada 2008 sebagai respons terhadap krisis keuangan lalu. Pada Selasa,  The Fed menyatakan akan mempertahankan suku bunga itu hingga pertengahan 2013.

Ngaku Hilang Gairah, Teuku Ryan Ungkap Hal yang Bikin Dia Tertekan Jadi Suami Ria Ricis

Grafik pergerakan indeks saham Dow Jones perdagangan Selasa 9 Agustus 2011 (AP/Reuters)

Klub Shayne Pattynama KAS Eupen Terdegradasi ke Kasta Kedua Belgia

Meski direspons baik oleh pasar, pengumuman Fed ini dinilai sebagai kenyataan pahit. Mark Zandi, kepala ekonom Moody Analytics, mengatakan bahwa langkah Fed ini menandai perekonomian Amerika Serikat yang lesu. Selain itu, pengangguran yang tinggi juga telah menjadi penyakit kronis. "Nada pernyataan Fed sangat suram. Mereka sangat gelisah terhadap ekonomi," kata Zandi, seperti dilansir Associated Press.

Sebelumnya Indeks saham di bursa AS sempat rontok, terparah dalam beberapa tahun terakhir, setelah Standard & Poor pada Jumat lalu memotong rating kredit jangka panjang AS satu tingkat dari AAA menjadi AA+. Penurunan peringkat ini memperdalam kekhawatiran investor tentang ekonomi AS yang melemah. 

Kondisi itu juga membuat harga emas melesat melewati US$1.700 per ounce (31,1 gram) untuk pertama kalinya pada perdagangan Senin waktu New York. Tak hanya itu, harga minyak juga anjlok hingga menjadi US$83,41 per barel pada Selasa pagi. Harga terendah sejak November 2010. (umi)

Penjualan tanah terbesar di Dubai

Mantan CEO PrettyLittleThing Umar Kamani Pecahkan Rekor Penjualan Tanah Terbesar di Dubai

Terletak di lepas pantai Dubai, Jumeirah Bay Island terkenal dengan properti eksklusif dan pemandangan cakrawala kota yang indah. Rekor baru ini menggarisbawahi tingginya

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024