10-8-2010: Jepang Minta Maaf ke Korsel

PM Jepang, Naoto Kan, Maret 2011
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Tepat setahun yang lalu Perdana Menteri Jepang, Naoto Kan, meminta maaf kepada rakyat Korea Selatan (Korsel) atas dosa-dosa yang dilakukan militer Negeri Matahari Terbit itu di masa lampau. Selama 1910-1945, Jepang menduduki Korea dan sekitarnya serta membuat rakyat setempat menderita.

Kantor berita Associated Press mengungkapkan, pernyataan itu dilontarkan Kan saat berkunjung ke Seoul, Korsel, Selasa 10 Agustus 2010. Permintaan maaf itu merupakan upaya Jepang memperkuat hubungannya dengan Korsel, yang selama ini masih belum begitu erat karena sentimen sejarah.

Menurut stasiun berita CNN, ini bukan kali pertama Jepang meminta maaf kepada Korsel atas isu itu. Namun Kan merasa perlu melontarkan kembali pernyataan maaf karena tahun ini bertepatan dengan peringatan satu abad invasi Jepang ke Korea.  

"Dengan bercermin pada hal-hal yang bisa dijadikan refleksi, kita bisa membangun hubungan antara Jepang dan Korea dalam memandang masa depan dan makin memperkuat hubungan kedua negara," kata juru bicara pemerintah Jepang, Yoshito Sengoku.

Kan mengatakan, Jepang juga akan segera mengembalikan artefak budaya Korea, termasuk dokumen-dokumen historis. Kan juga dikabarkan berbicara dengan Presiden Korea Selatan setelah pernyataan tersebut disetujui Kabinet.

Selama pendudukan Jepang, banyak warga Korea dipaksa bertempur di garis depan. Mereka juga dijadikan tenaga kerja paksa dan ratusan ribu perempuan menjadi budak seks di tempat-tempat prostitusi yang dikelola militer Jepang.

Meski memiliki sejarah kelam, Jepang dan Korsel telah menjalin hubungan dekat di bidang ekonomi dan militer. Kedua negara menjadi tuan rumah bagi ribuan pasukan Amerika Serikat.

Jepang pun segera memihak Korea Selatan setelah Negeri Ginseng tersebut menuding Korea Utara menenggelamkan kapal perang mereka pada Maret lalu.

Jepang berulang kali meminta maaf atas agresi mereka di masa lalu terhadap negara-negara tetangga. Permintaan maaf pada 1995 saat peringatan 50 tahun berakhirnya Perang Dunia II menjadi posisi resmi pemerintah Jepang.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024