Krisis Moneter,Obama Panggil Gubernur The Fed

Gubernur Bank Sentral AS, Ben Bernanke
Sumber :
  • AP Photo/Evan Vucci

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, bertemu dengan Gubernur Bank Sentral (The Fed), Ben Bernanke, di Gedung Putih untuk membahas perlunya pengurangan defisit jangka panjang anggaran pemerintah AS dan turut memikirkan krisis keuangan di Eropa. Dua masalah itu menjadi penyebabnya rontoknya indeks harga saham di bursa-bursa utama dunia dalam beberapa hari terakhir.

Menurut kantor berita Associated Press, pertemuan itu berlangsung pada Rabu waktu Washington DC., atau sehari setelah The Fed menawarkan tingkat suku bunga super rendah selama dua tahun. Tawaran itu tidak diperkirakan sebelumnya, namun dirasa mendesak untuk mencegah agar ekonomi AS tidak lagi terjerumus jurang resesi.

Pasalnya, menurut kalangan pengamat, bursa saham dalam beberapa pekan mendatang masih belum stabil. Buktinya, setelah sempat menguat sehari sebelumnya, indeks Dow Jones di Wall Street Rabu sore waktu setempat kembali terjerumus, kali ini sebesar 4,6%. Kemerosotan di Wall Street diikuti oleh turunnya harga saham di bursa-bursa Asia Kamis pagi.

Selama bertemu dengan Bernanke, Obama juga menyertakan Menteri Keuangan Timothy Geithner, Kepala Staf Gedung Putih Bill Daley, dan penasihat ekonominya, Gene Sperling. Ini merupakan kali ketiga Obama bertemu dengan Bernanke dari awal tahun ini.

Obama sangat mendesak untuk berkoordinasi dengan para pejabat ekonomi di AS setelah perdagangan saham di Wall Street hancur-hancuran dalam beberapa hari terakhir. Ini terlihat setelah Standard & Poor's Jumat pekan lalu mengumumkan turunnya peringkat surat utang AS, dari katagori tertinggi AAA menjadi AA+.

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Penurunan peringkat ini terjadi setelah AS sempat bermasalah dengan penentuan batas maksimum utang baru dan kini berjuang keras mengatasi defisit anggaran. Selain itu, tingkat pengangguran di AS masih tinggi, yaitu tetap di atas 9 persen.

Mom Selly

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Meskipun telah menjalani karier yang cemerlang, Selly tidak pernah melupakan pentingnya merenungkan setiap momen dalam hidupnya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024