OC Kaligis: Nazaruddin Dicuci Otak

Nazaruddin Tiba di KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Pengacara Nazaruddin, OC Kaligis, mengkhawatirkan kondisi kliennya saat ini. Ia menceritakan, Nazaruddin sangat ketakutan dengan keselamatan dirinya sendiri.

“Sekarang Nazar ketakutan, ia bakal diracun atau tidak. Kalau dicuci otak sudah pasti,” kata Kaligis di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 15 Agustus 2011. Ia pun mengeluhkan kebijakan KPK yang membatasi dirinya untuk bertemu Nazaruddin.

“Selama dua hari berturut-turut, saya tidak diketemukan dengan Nazar. Mau kasih makanan untuk buka puasa saja tidak bisa,” ujar Kaligis. Padahal, kata dia, sesuai Pasal 70 KUHAP, pengacara bisa bertemu kliennya setiap waktu. “Tapi sekarang nggak bisa,” imbuhnya.

Kaligis menegaskan, Nazaruddin sebetulnya tidak ingin kembali ke Indonesia. “Kalau Dubes bilang dia mau pulang, itu bohong,” kata dia.

Sepupu Nazaruddin, M. Nasir, yang juga datang bersama Kaligis ke DPR, juga mengkhawatirkan kondisi Nazaruddin. “Nazar kemarin minta dokter. Tapi setelah dokter datang, Nazar takut menerima dokter itu. Kami beri makanan, Nazar juga takut menerima makanan itu. Dia malah mempertanyakan makanan itu,” ujar Nasir.

Saat ini, Nazaruddin diindikasikan terlibat dalam 35 kasus. Jumlah ini jauh lebih banyak dari yang terungkap selama ini. Nilai proyeknya pun mencapai angka triliunan rupiah. Ke-35 kasus itu dibagi dalam tiga kategori. Pertama adalah kasus-kasus yang sedang dalam proses penyidikan. Ada dua kasus yang sudah masuk tahap ini. Keduanya terkait proyek senilai Rp200 miliar di dua kementerian.

Sementara kategori kedua adalah kasus yang berada di tahap penyelidikan. Dalam tahap ini, ada dua kasus di dua kementerian dengan nilai proyek Rp2,642 triliun. Terakhir, kategori ketiga, adalah kasus yang masih dalam tahap pengumpulan bahan. Tahap ini meliputi 31 kasus di lima kementerian yang melibatkan proyek senilai Rp6,037 triliun. (eh)

MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024
wawancara Ketum PSSI, Erick Thohir dengan Aljazeera

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir membeberkan kunci keberhasilan Timnas Indonesia tampil impresif dalam melakoni sejumlah laga di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024