Rempah Pedas Lancarkan Metabolisme

Rempah Rempah
Sumber :

VIVAnews - Ada keuntungan tersendiri bagi Anda pecinta masakan pedas. Studi membuktikan, makan malam yang pedas dapat berakibat baik pada metabolism tubuh. Menambahkan bumbu pedas, seperti kunyit, kayu manis, rosemary, oregano, bubuk bawang, dan paprika dapat mengurangi trigliserid dan kadar insulin dalam tubuh.

“Rempah–rempah semacam itu sangat penting untuk mengurangi tingkat oksidasi sekaligus menurunkan risiko penyakit kronis,” kata Sheila West dari Universitas State dan koleganya dalam jurnal online, Journal of Nutrition, seperti dikutip ABC News.

Rempah–rempah seperti itu mempunyai sifat antioksidan yang tinggi. Karena itu mereka melakukan penelitian dengan menambahkan 14 gram rempah-rempah yang tinggi kadar antioksidannya dalam makanan 1.200 kalori untuk melihat efeknya terhadap metabolisme.

Dalam sebuah percobaan, para peneliti mengikutsertakan enam pria sehat yang kelebihan berat badan dengan rentang usia 30–65 tahun. Awalnya, mereka memberi makan enam pria tersebut ayam kelapa, nasi putih, roti keju dan biskuit. Seminggu kemudian, makanan yang diberikan berganti menjadi ayam kari, roti khas Itali dan biskuit kayu manis.

West dan timnya mengambil sampel darah keenam orang tersebut sebelum makan dan setiap 30 menit sesudah makan selama empat jam.

Hasilnya menunjukkan, penambahan rempah–rempah menurunkan insulin dan trigliserid, walaupun tidak ada efek pada glukosa. Tingkat insulin menurun sebanyak 21 persen dan trigliserid sebanyak 31 persen setelah memakan masakan berempah pedas itu.

“Hasil ini disebabkan oleh kandungan phelonik antioksidan yang tinggi pada rempah–rempah,” ujar pada peneliti. Makanan pedas tidak menimbulkan efek negatif pada saluran pencernaan dan peserta penelitian sama puasnya dengan kedua masakan.

West dan timnya menulis bahwa penurunan kadar trigliserid ini sejalan dengan percobaan menggunakan teh, yakni menunda pengosongan lambung dan penghambatan langsung lipase di pankreas. Sedangkan penurunan insulin konsisten dengan studi terhadap kayu manis. Polifenol dalam rempah–rempah meningkatkan sensitivitas insulin.

Mereka juga menambahkan, rempah–rempah harusnya diteliti secara terpisah satu sama lain untuk melihat efek masing–masing. Mereka menyimpulkan bahwa menambahkan rempah–rempah dalam makanan sehari–hari dapat menormalkan gangguan glukosa setelah makan siang dan keseimbangan lipid ketika meningkatkan ketahanan antioksidan.

“Namun, penelitian ini terbatas pada sampel yang kecil dan penelitan lanjutan dibutuhkan untuk meneliti efek dalam sampel yang lebih besar dan populasi yang lebih beragam,” kata para ilmuwan. (Rudy Bun)

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai
Ilustrasi tahanan diborgol

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Satuan Reserse Kriminal Polres Labuhanbatu Selatan (Labusel), berhasil menangkap 6 debt colector sadis, yang hendak mengambil mobil korban dengan cara ditabrak.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024