Ini Calon-calon Ketua MK Pengganti Mahfud MD

Presiden Yudhoyono melantik Hakim MK, Harjono
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Mahkamah Konstitusi hari ini akan memilih ketua baru. Ada sejumlah calon kuat yang akan meramaikan bursa calon Ketua MK periode 2011-2013 ini.

Pemilihan Ketua MK ini akan digelar mulai pukul 14.00 di Ruang Pleno Gedung MK, Jakarta, Kamis 18 Agustus 2011. Sembilan Hakim Konstitusi memiliki peluang yang sama untuk memilih dan dipilih menjadi Ketua MK.

Informasi yang dikumpulkan VIVAnews, selain Mahfud MD, Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva dan Harjono juga akan maju sebagai calon Ketua MK.

Mahfud MD memegang jabatan sebagai Ketua MK sejak 2008 silam. Masa jabatan Ketua MK adalah tiga tahun. Mahfud sendiri masih berkesempatan untuk maju menjadi calon ketua lagi.

Hamdan Zoelva adalah bekas politisi Partai Bulan Bintang. Dia baru bergabung di MK untuk periode 2008-2013. Hamdan pernah duduk sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR periode 1999-2004. Terakhir ia menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PBB dan Wakil Ketua Badan Kehormatan Pusat PBB.

Sedangkan Harjono sudah tidak asing lagi bagi MK. Dia pernah menjadi Hakim Konstitusi periode 2003-2008. Kemudian pada 2009, dia kembali masuk menjadi Hakim Konstitusi untuk menggantikan posisi Jimly Asshiddiqie yang mundur sebagai hakim.

Sebelumnya, Hakim Akil Mochtar menyatakan pemilihan akan dilakukan secara musyawarah dan dipimpin oleh hakim MK yang usianya paling tua. Namun, jika tidak tercapai kata mufakat, pemilihan ketua akan dilakukan dengan cara pengambilan suara terbanyak atau voting.

"Yang mencapai 50 persen + 1 suara ditetapkan sebagai ketua," kata dia. "Semuanya berlangsung terbuka di ruang sidang utama jam 14.00 WIB siang nanti."

Akil sendiri mengaku tak tertarik untuk mencalonkan diri sebagai ketua MK yang baru. "Biar mereka yang mau jadi ketua saja," kata dia.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024