Bekas Pengacara Gayus Kena 12 Tahun Penjara

Haposan Hutagalung bersiap Mengikuti Sidang di PN Jakarta Selatan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Upaya Haposan Hutagalung, bekas pengacara Gayus Tambunan, memperoleh kebebasan kandas. Bahkan hukuman Haposan diperberat Majelis Kasasi dari sembilan tahun penjara menjadi 12 tahun penjara.

"Mahkamah Agung memperberat hukuman terdakwa," kata anggota Majelis Kasasi, Krisna Harahap, saat dikonfirmasi VIVAnews.com, Kamis 18 Agustus 2011.

Putusan ini dibacakan oleh majelis yang diketuai Artidjo Alkostar dengan anggota Krisna Harahap dan Syamsul Chaniago. Majelis sepakat Haposan bersalah mencegah, merintangi atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di sidang pengadilan terhadap tersangka atau terdakwa atau saksi dalam perkara korupsi.

Majelis juga berpendapat bahwa Haposan telah terbukti secara sah dan meyakinkan menjanjikan atau memberi sesuatu kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara.

Atas dasar itu, Majelis Kasasi mengabulkan permohonan Jaksa Penunut Umum dan menolak permohonan Terdakwa. Alasannya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan Pengadilan Tinggi Jakarta yang memeriksa perkara Haposan Hutagalung salah menerapkan hukum.

Kesalahan itu yakni ketika majelis mempertimbangkan bagaimana Haposan melibatkan Andy Kosasih dan Lambertus Palang Ama untuk merekayasa kepemilikan Rp28 milyar yang dikuasai Gayus Tambunan sebagai hasil manipulasi pajak beberapa perusahaan.

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

Serta keterlibatan Syahril Djohan ketika Haposan Hutagalung sebagai kuasa Ho Kian Huat berupaya melakukan pendekatan dengan memberi uang sebesar Rp500 juta kepada Kabareskrim Susno Duaji dalam kasus ikan Arowana. (ren)

Ilustrasi bertemu calon mertua.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Pertanyaan muncul mengenai kapan tepatnya "usia tua" mulai terasa. Beberapa merasa sudah "tua" saat mencapai 40-an, sementara yang lainnya merasakannya setelah umur ini.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024