Mahfud MD Ingin Jadi Saksi Meringankan Zaenal

Mahfud MD
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews – Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menyatakan bersedia menjadi saksi meringankan bagi mantan panitera pengganti MK, Zaenal Arifin Hoesein, yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus pemalsuan surat MK tentang sengketa Pemilu 2009 di wilayah Sulawesi Selatan I.

“Saya memang berharap jadi saksi,” kata Mahfud di Gedung MK, Jakarta, Rabu 24 Agustus 2011. Zaenal Arifin bersama kuasa hukumnya, Ahmad Rifai, telah mendatangi MK untuk bertemu Mahfud. Namun Mahfud enggan berkomentar soal pertemuannya dengan Zaenal. Mahfud hanya membenarkan telah bertemu Zaenal.

“Saya sudah ketemu. Biar diselesaikan secara hukum saja,” ujarnya. Sebelum menetapkan Zaenal sebagai tersangka, penyidik Bareksrim Mabes pun telah menetapkan mantan panitera MK Masyhuri Hasan sebagai tersangka, dengan jeratan Pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen.

Namun terkait penetapan Zaenal sebagai tersangka, MK menyayangkan hal itu. Zaenal dinilai MK hanya sebagai korban. MK berpendapat, penyidik terlalu prematur menetapkan Zaenal sebagai tersangka.

Miss Universe Indonesia 2023, Fabienne Nicole Ceritakan Pengalaman Pertama Lewat Cinta yang Salah

“Polisi hanya berputar dan berani menetapkan tersangka yang tidak ada backing politik dan kekuasaan. Hal itu membuktikan penyidik di bawah tekanan besar. Ada upaya penyelamatan pihak-pihak tertentu oleh penyidik,” ujar Juru Bicara MK Akil Mochtar beberapa waktu lalu.

“Zaenal kerjanya buat surat. Surat yang palsu tidak pernah disampaikan. Dia yang buat konsepnya, tapi tidak jadi. Lalu dibuat sama Hasan, dan tanda tangan Zaenal di-scanning. Itu kan sudah jelas. Apalagi Zaenal sebagai pelapor. Pelapor yang sudah jelas tanda tangannya dipalsukan kok malah jadi tersangka,” ujar Mahfud beberapa waktu lalu.

Mantan komisioner KPU Andi Nurpati yang dilaporkan pertama kali oleh Mahfud terkait pembuatan surat palsu MK, sampai saat ini justru belum menjadi tersangka. “Tidak bisa dipaksakan. Kita tunggu saja penyidikannya,” kata Juru Bicara Polri, Inspektur Jenderal Polisi Anton Bachrul Alam. (ren)

Sekretaris Kementerian BUMN, Rabin Indrajad Hattari

Tambah Dua VLGC, Pertamina International Shipping Jadi Top Tier Pengangkut LPG Asia Tenggara

PT Pertamina International Shipping (PIS) memperkuat posisinya sebagai pengangkut LPG 'top tier' di Asia Tenggara dengan menambah dua kapal tanker gas raksasa VLGC.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024