Keajaiban Kelapa di Balik Pesona Wanita

Kelapa
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Industri kecantikan biasa bermain dengan bahan-bahan 'ajaib' dari alam seperti pomegranate atau buah delima dan goji berry. Bahan-bahan tersebut diracik sedemikian rupa agar lebih bermanfaat bagi kecantikan.

Salah satu anugrah alam yang mulai menarik perhatian dunia kecantikan adalah kelapa. Khasiat kelapa semakin diminati setelah Madonna, Demi Moore, dan Miranda Kerr memberitahu dunia bahwa rahasia kecantikan mereka berasal dari buah tropis tersebut.

Madonna dan Demi Moore mengaku minum air kelapa untuk terlihat awet muda. Miranda Kerr pun mengakui mengonsumsi minyak kelapa untuk membantu penurunan berat badannya setelah kehamilan. "Minyak kelapa, santan, dan air kelapa memiliki sifat pelemabab dan sangat bergizi untuk kulit," ujar Lena Korres, Brand Development Director Korres, dilansir Daily Mail.

Ia pun mengaku menggunakan sabun cair mengandung santan untuk membersihkan tubuh sehari-hari. Santan kaya akan nutrisi yang dapat memelihara dan melembabkan. Tidak hanya itu, santan pun dapat menghilangkan kotoran sebagai antimikroba alami.

Dermatolog selebritas yang menangani Eva Mendes dan Jennifer Lopez, Dr Nicholas Perricone juga memasukkan unsur kelapa pada produk kecantikannya.

Namun sayang, tidak semua jenis kulit cocok dengan perawatan minyak kelapa. Jika tidak cocok, kulit justru akan pecah-pecah. Sebaliknya, jika kulit merespons khasiat dengan baik, kelapa menjadi anti inflamsi alami. "Kelapa mungkin menjadi pelembab yang efektif, namun perawatan yang berlebihan justru dapat menyumbat pori-pori kulit," ujar ahli kecantikan Dr Samantha Bunting.

Tidak hanya digunakan sebagai produk kecantikan, kelapa juga merupakan makanan super yang kaya akan lemak jenuh, lemak alami yang paling stabil dan tidak akan teroksidasi bila dipanaskan. "Kelapa adalah makanan dengan kandungan minyak jenuh tertinggi di planet ini," ujar ahli gizi Zoe Harcombe.

Meski tinggi lemak jenuh, beberapa studi klinis yang diterbitkan dalam beberapa tahun terakhir telah menemukan bahwa minyak kelapa dapat membantu mengurangi obesitas. Minyak kelapa meningkatkan pembakaran kalori bagi mereka yang mengonsumsinya secara teratur.

Miranda Kerr mengaku mengonsumsi minyak kelapa empat sendok makan sehari yang ia campur dalam racikan salad dan teh hijaunya. Ia mengklaimnya sebagai rahasia memiliki tubuh seksi.

Minyak kelapa adalah rantai lemak jenuh yang tidak memerlukan hati dan kantung empedu untuk mencernanya sehingga menyediakan energi instan, juga meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lemak di perut pun cepat mencair. Namun, konsumsi lemak jenuh berlebih dapat meningkatkan risiko peningkatan kadar kolesterol tubuh.

Selain minyaknya, air kelapa juga memiliki khasiat yang luar biasa bila dikonsumsi. Air kelapa kaya akan elektrolit seperti kalium, magnesium, dan kalsium, serta 99 persen bebas lemak sehingga sangat cocok untuk mengatasi dehidrasi.

Tertarik mencobanya sebagai bahan kecantikan? Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan:
- 50 gram minyak kelapa (padat)
- 2 sendok teh minyak macadamia
- 10 tetes orange essential oil
- 5 tetes lemon essential oil
- 5 tetes lime essential oil
- 60 gram gula palem

Cara membuat:
1. Tuang minyak kelapa di mangkuk. Tambahkan minyak macadamia, aduk hingga lembut dan mengembang.
2. Tambahkan minyak esensial, aduk. Tambahkan gula palem secara  bertahap. Masukkan pada wadah kedap udara. Anda dapat menambahkan vitamin E ke dalamnya. Scrub kelapa ini dapat bertahan hingga 12 bulan.

Cara menggunakan :
Pijat ke kulit ketika mandi, berikan perhatian khusus pada lutut dan siku. Secara lembut, aplikasikan scrub pada tulang selangka dan dada. Bilas scrub. Kulit Anda pun akan terasa lembut dan lentur. (umi)

Kondisi Terkini Betharia Sonata, Jalani Latihan Motorik Pasca Alami Gejala Stroke
Industri hulu migas (ilustrasi)

Eskalasi Konflik Timur Tengah Memuncak, Industri Hulu Migas Jadi Harapan RI

Industri hulu migas nasional menjadi harapan masyarakat Indonesia dalam mencapai ketahanan energi di tengah eskalasi konflik Timur Tengah

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024