KPK Periksa 'Makelar' Kasus Kemenakertrans

KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  hari ini menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan pejabat di Kementerian Keuangan, Sindu Malik. Dia diduga berperan sebagai makelar pada kasus suap  Program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah Transmigrasi (PPIDT) di Kemenakertrans.

"Sindu Malik diperiksa sebagai saksi," kata Kabag Media dan Pemberitaan KPK, Priharsa Nugraha di Jakarta, Rabu 7 September 2011.

Meski begitu, Priharsa tidak menjelaskan pukul berapa Sindu akan mulai menjalani pemeriksaan. Ia juga tidak menjelaskan tentang materi pemeriksaan yang akan dilakukan oleh penyidik KPK, karena itu domain penyidik.

Seperti diketahui, nama pejabat Kementerian Keuangan disebut-sebut ikut terlibat dalam kasus suap di Kemenakertrans. Pejabat Kementerian Keuangan bernama Sindu Malik itu bertugas sebagai makelar antara PT Alam Jaya Papua dengan pejabat pemerintah di daerah. Hal tersebut terungkap dari keterangan salah seorang tersangka, Dharnawati yang juga merupakan pegawai PT Alam Jaya Papua, perusahaan rekanan Kemenakertrans saat memberikan keterangan pada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa kemarin.

Seperti diketahui, KPK menangkap tangan dua anak buah Muhaimin yakni Kepala Bagian Program, Evaluasi, dan Pelaporan di Direktorat Jenderal Pembinaan Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kemenakertrans, Dadong Irbarelawan; dan Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kemenakertrans, I Nyoman Suisnaya. Mereka ditangkap bersama dengan seseorang bernama Dharnawati.

Dari tangan mereka KPK menemukan Rp1,5 miliar yang dimasukkan ke kardus durian. Uang itu diduga diberikan terkait dengan pencairan dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah Transmigrasi (PPIDT) tahun 2011 di 19 kabupaten. (eh)

Baca juga: Muhaimin: Masih Jauh Kaitannya dengan Saya

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024