Nazar Siap Buka-bukaan pada Komite Etik

Nazaruddin Tiba di KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin berjanji akan buka-bukaan kasus dugaan pelanggaran pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi di depan Komite Etik KPK, siang ini. Sebelumnya Nazaruddin juga sudah diperiksa komite itu, tapi ia memilih bungkam.

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

"Dia (Nazaruddin) bilang kemarin mau buka semua, untuk komite etik, dia mau buka," kata kuasa hukum Nazaruddin, OC Kaligis, di Kantor KPK, Jakarta. Kamis, 8 Agustus 2011.

Nazaruddin sendiri tiba pada pukul 14.30 di kantor KPK. Namun saat ditanya apa yang akan dia buka, ia cuma menjawab, "Nanti saya akan cerita." Lalu Nazar yang tak diborgol itu pun masuk ke dalam gedung.

Arkhan Fikri Gagal Penalti, Ini yang Dipikirkan Ernando Ari

Memilih bungkam pada pemeriksaan pertama, kata Nazaruddin, lantaran permintaan agar dipindahkan dari Rutan Mako Brimob ke Rutan Cipinang tidak dikabulkan. Lalu apa yang membuat Nazaruddin tiba-tiba mau buka-bukaan?

"Dia bilang kan, kata Presiden harus terang benderang, jadi dia mau buka mengenai Busyro, Chandra. Dia mau buka," ujar Kaligis.

Kaligis membantah ada kesepakatan terkait perubahan sikap Nazaruddin. Pengacara senior ini mengaku tidak pernah mengatur adanya kesepakatan-kesepakatan dalam kasus yang membelit kliennya.

"Kami tidak pakai deal-deal ini kan komite etik. Dia (Nazaruddin) bilang kemarin mau buka semua, saya nggak pernah ngatur soal deal," kata Kaligis.  Kaligus melanjutkan bahwa, "Pertama Chandra mengaku tidak ketemu. Dia (Chandra) akhirnya mengaku. Busyro juga nggak mengaku ketemu, nanti kita lihat apa yang Nazar bilang," ujarnya.

Saat dikonfirmasi soal Nazaruddin yang mau buka-bukaan itu, Ketua Komite Etik KPK Abdullah Hehamahua mengaku belum memperoleh informasi terkait perubahan sikap Nazaruddin itu. "Saya belum tahu," ujar Abdullah.

Ilustrasi bertemu calon mertua.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Pertanyaan muncul mengenai kapan tepatnya "usia tua" mulai terasa. Beberapa merasa sudah "tua" saat mencapai 40-an, sementara yang lainnya merasakannya setelah umur ini.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024