November, Pil KB Pria Beredar

Kondom
Sumber :
  • doc Corbis

SURABAYA POST- Setelah melalui proses penelitian hingga ujicoba sejak tahun 1987, pil KB khusus pria yang terbuat dari ekstrak tanaman gandarusa akhirnya siap diproduksi secara massal. Beberapa bulan lagi atau sekitar November 2011 penelitian yang terinspirasi dari masyarakat daerah Papua untuk mencegah kehamilan ini bisa dinikmati masyarakat

Ketua Tim Peneliti dari Unair Dr. Bambang Prayoga EW, MSi.Apt mengatakan semua tahapan sebelum menjadi produk kesehatan yang bisa diproduksi massal sudah dipenuhi sebelum tahun 2010 berakhir. “Paling lama November ini. Alat kontrasepsi khusus pria ini sudah bisa digunakan oleh masyarakat jadi tak perlu menunggu lama,” kata Bambang, Jumat 9 September 2011.

Serangkaian penelitian panjang selama bertahun-tahun membuktikan ekstrak daun gandarusa terbukti efektif untuk mencegah kehamilan. “Meski berhubungan dengan pasangan, dengan mengkonsumsi pil KB pria ini secara teratur kelahiran bisa dicegah. Bahkan, para pria yang merupakan akseptor KB tersebut mengaku makin jantan,” kata ahli farmasi sekaligus pencetus ide awal Pil KB Pria.

BKKBN dan Unair sudah menggandeng PT Indofarma untuk meyakinkan temuan pertama di dunia ini. “Pihak industri farmasi juga sudah menyelesaikan uji klinis dan siap untuk memproduksi secara massal. Jadi tinggal menunggu izin dari BPOM untuk peredarannya,” katanya.

Nantinya dengan adanya alat kontrasepsi (alkon) untuk pria ini, ia berharap, akseptor KB tidak hanya didominasi perempuan atau istri. Sebab alasan pria atau suami menolak ikut KB karena prosesnya rumit dan hanya dua pilihan alkonnya yaitu kondom dan vasektomi. “Para pria atau suami tak akan lagi menolak untuk ber-KB, karena sudah ada pil KB yang tinggal minum tidak rumit seperti kondom atau vasektomi,” katanya.
 
Guna menjaga ketersediaan bahan baku, kini tanaman gandarusa terus dibudidayakan di wilayah-wilayah di Jawa Timur. Di antaranya, di Mojokerto, Jombang, Pasuruan dan daerah lain. “Kami terus mengembangkan pembudiyaan tanaman ini agar penelitian yang mahal dan lama ini tidak sia-sia. Nanti penelitiannya sudah selesai, eh pilnya tidak dapat diproduksi karena bahan baku tidak ada,” tuturnya.

Gerindra Perkenalkan Dedi Mulyadi Kandidat dalam Pilkada Jabar

Yang menarik, karena dari penelitian didapatkan penggunaan pil KB khusus pria ini tak akan mengakibatkan menurunnya gairah seks. Bambang mengharapkan tidak ada penyalahgunaan untuk hal-hal yang tidak semestinya. “Pria yang mengkonsumsinya dijamin tetap bisa melakukan rutinitas pemenuhan kebutuhan batinnya, tanpa takut pasangannya mengalami kehamilan. Jadi tak perlu takut. Hanya saja yang perlu dicatat adalah  jika benar ini sudah diedarkan jangan sampai disalahgunakan,” katanya. (Nirmala Ali)

Reaksi Chiharu Shida usai Jepang kalah di semifinal Uber Cup 2024

Tangis Chiharu Shida Usai Jepang Gagal ke Final Uber Cup 2024

Chiharu Shida tak kuasa menahan tangis setelah Jepang gagal ke final Uber Cup 2024. Mereka dikalahkan oleh China di babak semifinal dengan kedudukan 0-3.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024