Indonesia Waspadai Turunnya Ekonomi Italia

Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews- Pemerintah mewaspadai pengaruh kondisi Eropa, terlebih setelah lembaga pemeringkat utang Standard & Poor's menurunkan peringkat Italia satu level, dari A+/A+1 menjadi A/A-1. S&P menilai prospek pertumbuhan ekonomi Italia dalam katagori "negatif."

Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan pengaruh langsung tidak besar kepada Indonesia. Karena transaksi perdagangan Indonesia dengan Eropa tidak terlalu besar. "Akan tetapi Eropa ini dampaknya luas," ujarnya saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Selasa 20 September 2011.

Namun menurutnya hal yang perlu diwaspadai yaitu bila krisis Eropa berpengaruh ke negara China. Berbeda dengan Eropa, volume perdagangan China dengan Indonesia terbilang cukup besar. "Jadi tidak secara langsung tetapi mungkin gelombang kedua," ia menambahkan.

Oleh karena itu, Hatta berharap Eropa dapat segera mengatasi permasalahannya.

Dalam penurunan peringkat, S&P mengkhawatirkan kemampuan Italia menanggung beban utang, yang jumlahnya lebih besar dari nilai pendapatannya. Melambatnya laju aktivitas ekonomi Italia akan membuat target fiskal yang telah direvisi pemerintah sulit tercapai.

Arab Saudi Kecam Israel Soal Serangan Darat di Rafah

Kalangan pengamat pun prihatin situasi moneter di Italia itu. "Italia dinilai berada dalam tahap 'kacau balau,' kata Nicholas Spiro dari lembaga konsultasi Spiro Sovereign Strategy, yang dikutip The Wall Street Journal. "Penurunan ini membuatnya jadi lebih sulit memulihkan kepercayaan atas utang Italia," ujarnya.

Italia pun menambah daftar negara Eropa yang mengalami penurunan peringkat utang. Tahun ini sudah ada Spanyol, Irlandia, Yunani dan Siprus. Situasi itu memperkuat kecemasan pelaku pasar uang bahwa krisis keuangan di Eropa telah mewabah.

Sejak Juli lalu, bursa saham dunia telah dihantui oleh dua kekhawatiran yaitu krisis utang Eropa, dan kemungkinan resesi ekonomi di Amerika Serikat.(np)

Khofifah Lebih Nyaman Berduet Dengan Emil di Pilkada Jatim, Gerindra Bahas Bersama KIM
Koleksi mobil Teuku Ryan

Cuma Ini Mobil Teuku Ryan Setelah Ditinggal Ria Ricis Sebagai ‘Gudang Uangnya’

Setelah bercerai dengan Ria Ricis, Teuku Ryan terlihat hanya mengunggah mobil yang dia punya, dari sebelumnya ada banyak kendaraan mewah, sekarang hanya ada satu mobil...

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024