IMF Prediksi Ekonomi Melambat

Hatta: Ramalan Lembaga Dunia Sering Keliru

Hatta Rajasa
Sumber :
  • Abror Rizky/Biro Pers Istana

VIVAnews - Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia menjadi empat persen pada 2011 dan 2012, atau turun dari proyeksi Juni sebesar 4,3 persen untuk 2011 dan 4,5 persen pada 2012.

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2011 mencapai 6,4 persen dan 6,3 persen pada 2012. Sementara itu, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun ini mencapai 6,5 persen, sedangkan tahun depan sebesar 6,7 persen.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan perkiraaan lembaga internasional yang memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat harus tetap dicermati oleh pemerintah. Prediksi lembaga internasional di bawah target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) juga sering terjadi.

"Banyak yang meramal seperti itu, beberapa kali banyak yang keliru," kata Hatta Rajasa di Jakarta, Rabu 21 September 2011.

Tugas pemerintah, Hatta melanjutkan, untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak menurun. Pemerintah akan menjaga daya beli masyarakat, dalam arti menjaga inflasi. Suplai barang harus mencukupi agar harga tetap stabil.

Hatta mengatakan penurunan ekspor bisa terjadi akibat melambatnya pertumbuhan ekonomi dunia terutama Eropa. Namun, ekspor ke Eropa bukan berpengaruh langsung mengingat jumlahnya sedikit. Indonesia bisa terpengaruh jika ekspor China dan India terganggu. "Maka dipastikan ekspor Indonesia ikut terganggu," tambahnya.

Dalam laporannya, IMF juga mengingatkan bahwa ekonomi dunia telah memasuki "tahap baru yang berbahaya," yang ditandai dengan menurunnya pertumbuhan secara drastis. Berlanjutnya masalah politik dan ekonomi di AS dan Eropa (euro zone) bisa menyeret mereka kembali ke jurang resesi. (art)

Ilustrasi bertemu calon mertua.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Pertanyaan muncul mengenai kapan tepatnya "usia tua" mulai terasa. Beberapa merasa sudah "tua" saat mencapai 40-an, sementara yang lainnya merasakannya setelah umur ini.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024