Harga Emas Kembali Menguat

Emas batangan
Sumber :
  • REUTERS/Krishnendu Halder

VIVAnews - Harga emas kembali terangkat di pasar komoditas akhir pekan ini, Jumat 30 September 2011. Hal itu didorong berita parlemen Jerman yang menyetujui pengucuran dana talangan atau bailout untuk melawan krisis utang di zona euro.

Seorang anggota senior partai di Jerman, Merkel kepada Reuters mengatakan bahwa Kanselir Jerman Angela Merkel berhasil memenangkan suara mengenai peningkatan dana talangan untuk zona euro tanpa ditentang partai oposisi.

Di pasar spot, emas naik US$7,79 per ounce ke posisi US$1.621,84 per ounce. Namun, meski menguat hingga 11 persen, tercatat terburuk sejak Oktober 2008 ketika emas jatuh 17 persen akibat runtuhnya Lehman Brothers.

Sedangkan harga emas berhasil reli tinggi sepanjang perdagangan atau naik sekitar US$ 1.920 per ounce terjadi pada awal September 2011.

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab

Saham Eropa

Sementara itu, indeks saham di Eropa Kamis kemarin menguat setelah dipicu langkah Jerman yang menyetujui pengucuran dana bailout diĀ  zona euro. Namun, investor tetap khawatir karena banyaknya rintangan di depan yang bisa diterapkan untuk resolusi krisis Eropa.

Di pasar Asia terlihat positif pada awal transaksi Jumat. Indeks Tokyo, Nikkei 225 berhasil naik 0,5 persen di posisi 8.744,04 dan indeks Australia S&P/ASX 200 menguat 0,4 persen ke level 4.031,50.

Namun, indeks Korea Selatan, Kospi, diperdagangkan turun 0,5 persen pada level 1.761,36 atau melemah cukup dalam dari sesi sebelumnya.

Kendati demikian terlihat, pasar saham Jepang, Australia, dan Korea semuanya menunjukkan penguatan.

Prabowo Tak Hadir di Acara Halal Bihalal PKS, Ini Alasannya
Rizky Nazar

Usai Ramai Digosipkan Selingkuh, Rizky Nazar Minta Maaf

Belakangan ini ramai diperbincangkan hubungan asmara Rizky Nazar dan Syifa Hadju yang diduga kandas akibat Salshabilla Adriani. Hal ini berawal dari potongan video mereka

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024