Menilik Efek Dahsyat Riasan

Riasan dengan Bronzer
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - Hati-hati dalam mengaplikasikan riasan, karena ada garis tipis antara terlihat cantik dan menakutkan. Jangan sampai karena ingin menutupi kekurangan, riasan digunakan secara berlebihan. Ini bisa berdampak langsung pada penilaian orang lain pada kepribadian Anda.

Riasan yang pas bisa menonjolkan kelebihan dan menutupi kekurangan. Dan sebaliknya, riasan yang berlebihan bisa membuat seseorang menilai Anda sebagai pribadi yang sulit dipercaya.

Hal ini menurut penelitian yang dilakukan tim gabungan dari Massachusetts General Hospital, Harvard Medical School, Boston University dan Dana-Farber Cancer Institute, yang disponsori oleh Procter & Gamble.

Penelitian dilakukan dengan memperlihatkan foto wanita yang tidak memakai riasan, terlihat natural, riasan berkesan profesional dan berkesan glamor pada responden dalam jangka waktu yang berbeda. Mereka lalu meminta responden untuk memberikan peringkat nilai pada foto berdasarkan kompetensi, daya tarik, keramahan dan kepercayaan.

Ketika responden diperlihatkan foto-foto tersebut selama 250 mili detik, peringkat tertinggi dalam hal kompetensi dan daya tarik, diberikan pada foto wanita yang memakai riasan tebal. Namun, ketika responden melihat foto dalam waktu yang lebih lama, hasilnya berubah secara signifikan.

"Kami menemukan bahwa ketika wajah yang ditampilkan sangat cepat, foto dengan riasan tebal peringkatnya paling tinggi," kata Nancy Etcoff, penulis utama penelitian, dikutip dari Daily Mail.

Saat diperlihatkan foto secara cepat, aspek kecantikan dan kompetensi naik. Namun, foto yang memperlihatkan riasan tebal, peringkat dalam kategori kepercayaan atau kejujuran, justru menurun.

"Ketika riasan terlihat lebih dramatis, orang melihat mereka sebagai pribadi yang menyenangkan, jauh lebih menarik dan kompeten, tetapi kurang dapat dipercaya," kata Etcoff.

Sebagai penilaian secara cepat, hasil penelitian ini bisa diaplikasikan pada banyak hal. Seperti foto yang disertakan saat melamar pekerjaan, untuk dipasang di situs kencan atau bahkan foto yang dipasang pada kampanye pemilihan umum. Artinya, foto yang digunakan harus disesuaikan dengan situasi dan tujuan utama.

Itu karena respon secara cepat ini tanpa sadar, sangat memengaruhi penilaian seseorang pada diri Anda. Hal yang paling tepat dilakukan adalah tampil dengan menonjolkan kepribadian yang sesungguhnya dan jangan menutupinya dengan riasan.

"Kehangatan senyum, kepercayaan diri dan energi yang dipancarkan merupakan daya tarik utama untuk terlihat cantik. Tak ada yang lebih cantik dibandingkan wanita yang percaya dengan kulit, pembawaan dan gayanya sendiri serta merasa sangat nyaman dengan itu," kata  Ann Kearney-Cooke, Kepala Cincinnati Psychotherapy Institute.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024