VIDEO: Asteroid 'Monster', Vesta

Asteroid
  • Corbis

VIVAnews -- Sebuah asteroid raksasa meluncur dengan cepat melalui sabuk asteroid tata surya. Saking besarnya, ia membuat Gunung Everest seperti 'gunung semut'.

Pemindaian permukaan Vesta -- nama asteroid itu menunjukkan, permukaannya memiliki tinjolan yang lebih besar dari pada Gunung Mauna Loa di Hawaii-- yang terbesar di dunia jika diukur dari dasar laut. Juga jauh lebih besar dari Everets -- yang tertinggi di dunia. Ukuran gunung di Vesta hampir menyamai gunung terbesar di tata surya, Olympus Mons.

Data yang disediakan satelit NASA, Dawn menunjukkan karakteristik Vesta yang dipenuhi kawah, Vesta adalah obyek terbesar di dalam sabuk asteroid tata surya. Dawn terbang mengitari Vesta di ketinggian 420 mil, mengambil gambar permukaan dan foto inframerah untuk dikirimkan ke Bumi. Sekali mengorbit satelit itu butuh waktu 12,3 jam.

Peneliti utama misi Dawn, Chris Russell mengatakan, pihaknya banyak menemukan hal menakjubkan dari Vesta. "Yang kami sebut planet terrestrial terkecil," kata dia, seperti dimuat Daily Mail, 5 Oktober 2011.

Ditemukan pada 1807, Vesta sebelumnya telah dipindai oleh teleskop ruang angkasa Hubble -- yang menemukan fitur kawah besar di permukaannya. "Seperti Bumi, Mars, Venus dan Merkurius, Vesta memiliki aliran lava basaltik kuno di permukaan dan inti besi yang besar," kata Russell.

Meski ukuran raksasa Vesta tak terbantahkan, ia bukan asteroid terbesar di tata surya. Yang terbesar adalag Cerres, yang akan jadi sasaran penyelidikan satelit Dawn, setelah bertahun-tahun mengamati Vesta.

Lantas, apakah kita harus khawatir Bumi terancam bahaya besar dari asteroid raksasa?

Direktur Pusat Penelitian Planet Minor Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, Tim Spahr mengatakan, jangan terlalu khawatir. "Risiko mendadak dari asteroid raksasa berdampak pada Bumi, bisa dikurangi," kata dia. Pengamatan luar angkasa memungkinkan manusia mendeteksi hal itu.

Lihat video Vesta di Daily Mail.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

26 April 2024