Konsumsi BBM Diatur, Hemat Rp4,9 Triliun

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Pemerintah memperkirakan pengaturan volume konsumsi subsidi bahan bakar minyak (BBM) dapat menghemat anggaran sebesar Rp4,9 triliun pada 2012. Hal itu dengan asumsi volume subsidi BBM pada 2012 dapat ditekan kembali menjadi 37,8 juta kiloliter.

Menurut Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, dengan penghematan tersebut, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012 untuk subsidi BBM menjadi Rp118,7 triliun. "Usulan dalam RAPBN 2012 sebesar Rp123,6 triliun," ujar Agus saat rapat dengan Badan Anggaran DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 10 Oktober 2011.

Pemerintah mengusulkan besarnya anggaran penghematan ini akan dialokasikan menjadi dana cadangan risiko fiskal.

Agus menambahkan, pemerintah meyakini, optimalisasi anggaran subsidi BBM ini dapat terwujud. Sebab sebelumnya, Indonesia sudah bisa mencapai besaran optimalisasi sektor tertentu. "Dengan cara meningkatkan penerimaan-penerimaan yang bisa menjadi komitmen pemerintah," tuturnya.

Beberapa sektor yang dapat dioptimalisasi, ungkap Agus, antara lain penerimaan pajak bisa ditingkatkan Rp13,2 triliun. Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNBP turut meningkat Rp5,3 triliun.

"Kami juga melakukan penghematan bunga yang dibayar, karena asumsi SPN (Surat Pembendaharaan Negara) lebih rendah dan penghematan subsidi energi," ujarnya.

Menurut Agus, dana optimalisasi bersih yang dapat dikumpulkan adalah sebesar Rp11,4 triliun. Penyusutan ini disebabkan konsekuensi dari undang-undang yang mengharuskan pengeluaran-pengeluaran dialokasikan pada sektor-sektor seperti pendidikan dan otonomi khusus.

Ini Ukuran Kaca Film Mobil yang Direkomendasikan untuk Cuaca Indonesia

"Sehingga, dari Rp20,4 triliun optimalisasi bruto, optimalisasi netto bisa Rp11,4 triliun," tuturnya. (art)

Rizky febian dan Mahalini Resmi Menikah pada Jumat, 10 Mei 2024

Resmi Nikah, Rizky Febian Pamer Momen-momen Sweet Bareng Mahalini

Pernikahan itu digelar di daerah Kuningan, Jakarta Selatan, pada hari ini, Jumat, 10 Mei 2024. Rizky Febian meminang Mahalini dengan mas kawin atau mahar berupa uang.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024