Pasar Syariah RI Terbesar Keempat Dunia

Bank Muamalat
Sumber :
  • atestate.org

VIVAnews - Bank Indonesia menyatakan pasar keuangan syariah Indonesia masuk peringkat empat dunia, setelah Malaysia, Iran, dan Arab Saudi. Peringkat itu berdasarkan hasil survei Global Islamic Finance Report 2011.

"Ini prestasi, karena Indonesia tak pernah masuk lima besar," kata Direktur Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia, Mulya Siregar, di sela Launching of Sharia Commodity, di Jakarta, Kamis 13 Oktober 2011.

Menurut dia, Indonesia berada di atas negara-negara terkemuka dalam industri keuangan syariah, seperti Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, dan Pakistan.

Mulya mengatakan, survei yang diterbitkan di London itu menggunakan kriteria jumlah lembaga keuangan syariah, kelengkapan, dan infrastruktur. "Mereka melihat dari lembaga keuangan Indonesia dan izin pengaturan syariah, serta volume industri, edukasi, serta budaya," katanya.

Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana berharap ekonomi syariah bisa tumbuh memimpin pasar syariah dunia. “Kami harus optimistis ke depan ekonomi syariah Indonesia akan tampil sebagai pemimpin,” kata Armida.

Sementara itu, mengenai peluncuran perdagangan komoditas syariah, Direktur Bank Muamalat Andi Buchari menyambut baik. Menurut dia, perdagangan syariah bisa menjadi instrumen jika perbankan syariah tengah mengalami kelebihan likuiditas.

Andi menjelaskan, sebelumnya perbankan telah menyiapkan instrumen investasi. Namun, yang disiapkan hanya berbentuk Fasilitas Bisnis Syariah dari Bank Indonesia dan sukuk pemerintah. "Dengan instrumen baru ini, kami bisa investasikan dana yang menganggur," katanya. (art)

Desak MA Ganti Hakim Rahmi Mulyati, Karyawan PT PRLI Beberkan Alasannya
38 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) seluruh Indonesia, kompak meminta dan mendukung Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk maju lagi sebagai Ketua Umum (Ketum) PAN periode 2025-2030.

Selain Eko Patrio, PAN Juga Tawarkan Kadernya Ini Sebagai Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Selain nama Eko Patrio, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, juga mengaku ada beberapa nama kader partai yang cocok untuk diangkat menjadi menteri kabinet Prabowo-Gibran nanti.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024