30 Tahun Grup Ciputra

Kapitalisasi Pasar Tiga Emiten Ciputra Rp12 T

Hotel Ciputra
Sumber :
  • www.ciputraproperty.com

VIVAnews - Bisnis salah satu raksasa properti di Indonesia, Ciputra Group, kini telah memasuki usia 30 tahun. Selama tiga dekade menjalankan usahanya itu, Ciputra Group mengklaim telah membangun 30 kota di Indonesia dan luar negeri.

Presiden Direktur Ciputra Group, Candra Ciputra, mengatakan kota-kota yang telah dibangun itu tersebar dari Medan hingga Ambon. Bahkan di luar negeri, Ciputra Group telah merambah hingga Kamboja, Vietnam, dan China.

Pembangunan 30 kota itu direncanakan masuk catatan Museum Rekor Indonesia (MURI) pada saat perayaan perjalanan bisnisnya hari ini, Jumat 14 Oktober 2011.

Hingga akhir kuartal III-2011, total penjualan Ciputra Group mencapai Rp3,14 triliun. Ciputra Group juga menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp2 triliun pada 2012.

Dari anggaran belanja modal itu, sekitar Rp1 triliun di antaranya akan digunakan untuk pengembangan proyek prestisius mereka, Ciputra World, di kawasan Casablanca.

Lalu, bagaimana kontribusi perusahaan-perusahaan Ciputra itu pasar modal?

Ciputra Group memiliki tiga perusahaan yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tiga perusahaan itu adalah PT Ciputra Development Tbk dengan kode perdagangan CTRA, PT Ciputra Property Tbk (CTRP), dan PT Ciputra Surya Tbk (CTRS).

Namun, kontribusi tiga emiten Grup Ciputra itu terhadap total nilai kapitalisasi pasar saham yang diperdagangkan di BEI masih cukup kecil. Perusahaan Grup Ciputra hanya menyumbang 0,31 persen dari total nilai kapitalisasi pasar saham bursa yang mencapai Rp3.328 triliun.

Nilai kapitalisasi pasar tiga saham Grup Ciputra itu mencapai Rp12,06 triliun. Porsi nilai kapitalisasi pasar terbesar disumbang Ciputra Development yang mencapai Rp7,73 triliun, disusul Ciputra Property Rp2,67 triliun, dan Ciputra Surya Rp1,66 triliun.

Hingga perdagangan pagi ini, harga tiga saham emiten Grup Ciputra itu juga masih stagnan. Harga saham Ciputra Development berada di level Rp510, Ciputra Surya Rp840, dan Ciputra Property di posisi Rp435 per saham. (eh)

Fiki yang Bunuh Begal Akhirnya Bebas Setelah Sempat Jadi Tersangka
Mahalini

Sempat Benci Lantaran Penampilannya, Ternyata Mahalini Malah Dinikahi Rizky Febian

Meski suka dengan musikalitasnya, Mahalini tidak memiliki ketertarikan dengan Rizky Febian.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024