Indahnya Bersama di Baitullah

Ustadz Ahamad Sonhaji
Sumber :
  • Ustadz

VIVAnews - Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan ". (QS. Nuh : 28)

Kebahagian batin itu hadir pada saat seseorang bisa memberikan sesuatu yang terbaik dan terindah kepada orang lain. Seorang politisi akan bahagia saat amanah simpatisannya tertunaikan.

Kebahagiaan pimpinan perusahaan akan nampak ketika karyawannya tersenyum puas atas penghargaan dan kompensasi yang diterima. Senyuman dan doa anak yatim memberikan makna tersendiri bagi kaum aghniya. Rasa bahagia orangtua melihat anaknya bersorak kegirangan saat mendapatkan hadiah. Apalagi kebahagiaan terindah akan dirasakan seorang anak ketika memberikan hadiah berangkat haji kepada orangtuanya.

Namun seringkali kita terlupakan memaknai kebahagiaan orang lain. Ternyata tidak semua kebahagiaan seseorang diukur dengan besarnya materi yang diterima atau tingginya kedudukan yang diberi. Bahkan sering membuat orang menangis ketika harta, kedudukan dan pangkat didapat namun ia malah kehilangan makna kebersamaan.

Hasan pria berusia 58 tahun itu duduk bersandar di bawah tangga Bab Malik Abdul Aziz sambil memandang ka’bah. Ia tengah merasakan kesendirianya saat berada ditengah jutaan manusia.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Ketika tatapan matanya melihat seorang gadis yang dengan lembutnya menuntun ibunya yang sudah tua untuk menuruni anak tangga dan dengan sabarnya menggiringnya tawaf keliling ka’bah.

Disudut lain matanya menatap haru seorang perempuan muda yang sedang mendorong kursi roda pria tua yang buta. Hatinya bergetar, ya Allah bukankah anak itu sama dan seusia dengan anak perempuanku satu-satunya...? Matanya jauh menerawang anaknya yang saat itu sedang menapak kesuksesan di Negeri Kanguru Australia. 

Dalam lamunannya terbayang wajah istri tercinta yang telah datang menghadap Allah beberapa bulan pada saat ONH dibayarkan. Terngiang ucapan terakhir yang keluar dari bibir istrinya sebelum ajal, ” Kalau umurku tidak sampai bertepi di Baitullah jangan lupa doakan saya yah Pak di Multazam dan sampaikan salam saya dengan Allah dan Rosul-Nya, maafkan saya gak bisa mendampingi Bapak saat haji..mungkin ada anak kita.. ”. Kepedihan itu masih membekas, terbayang saat indahnya kebersamaan membangun rumah tangga.

Ketika pesan almarhumah istrinya disampaikan kepada anaknya, goresan haru itu makin menganga lebar saat anaknya berucap, ” Bapak berangkat aja yah sendiri nanti biar saya berangkat dengan suami dan anak-anak, karena tahun ini agenda saya lagi padat, nanti saya siapkan bekal aja buat Bapak selama Haji ....”. Datar ucapan anaknya namun hancur hatinya saat itu.

Sebagai seorang ayah ia berusaha memaklumi kondisi anaknya, namun hati kecil itu berkata, ”Bukan bekal materi yang aku butuhkan ya Allah tapi kebersamaan dan kehadirannya mendampingi aku ..”

Kesendirian dan keharuan ini barangkali bukan saja dialami oleh Pak Hasan juga dengan yang lainnya. Sungguh baru akan terasa saat indah kebersamaan dengan anak, istri dan keluarga saat gema talbiyah terdengar, bergandeng bersama ketika thawaf di Baitullah......Subhanallah. Wallahu a’lam bis Showab. Tangerang 121109

Doa di Padang “Arafah”
Oleh : H. Ahmad Shonhaji, S. Ag

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

“ Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang ”. (QS. Albaqoroh : 128)

Padang Arofah menjadi tempat favourite jamaah haji dan sekaligus rukun dalam pelaksanaan ibadah haji. Oleh karena itu setiap mereka yang berniat melaksanakan haji wajib untuk melaksanakan wukuf di Padang Arofah.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Bahkan yang sakit parah sekalipun diam sejenak di Arofah dilakukan dengan konvoi safari wukuf kemudian langsung ke rumah sakit di Mina.
Dari Jabir telah berkata : " Telah bersabda Rasulullah S.A.W yang artinya: " Apabila tiba hari Arafah maka sesungguhnya Allah telah memuji dengan mereka para malaikat maka kataNya : lihatlah kepada hamba-hambaKu yang telah datang padaKu dengan berdebu dalam keadaan berduyun-duyun dari setiap pelosok, Aku bersaksi depan kamu (malaikat) bahawa Aku telah mengampuni mereka. Maka kata malaikat : Sesungguhnya ada di kalangan mereka pulan telah baligh dan pulan belum baligh." 

Sabda baginda lagi : " Allah berfirman: sesungguhnya Aku telah mengampuni mereka. Sabda Rasulullah S.A.W : maka tiada daripada hari lebih ramai orang yang terbebas dari neraka daripada hari Arafah ". (Hadis oleh Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi).

Hampir semua tenda di arofah penuh dengan isak tangis pertaubatan manusia. Sejak tergelincir matahari di waktu Zuhur sampai tenggelamnya, suara talbiyah, takbir, tahlil, tasbih dan sholawat bergema.

Dengan atribut yang sama, 2 lembar kain putih mengajarkan manusia prinsip persamaan. Tak nampak orang berpangkat dan pejabat, semua atribut dunia dihancurkan disanalah berkumpul segala permohonan kepada Allah dari para menteri, pebisnis, konglomerat, pengacara, hakim, dokter, guru dan apapun jabatan yang disandangnya. Tiada doa yang yang tidak Allah kabulkan di Padang Arofah.

Sebut saja Amir seorang mantan kepala desa selama hampir 4 periode nampak tertunduk malu dengan airmata berurai. mengadu di hadapan Allah SWT. " Ya Allah sekian lama Engkau berikan amanah kepadaku tidak sedikit aibpun Kau bongkar dari keburukanku bahkan demikian baiknya Engkau yang terus menambah ni’mat kepadaku, jika Engkau berkenan aku ingin menjadi anggota legislatif....”. Munajatnya di Padang Arofah.

Ketika musim kampanye untuk pemilihan anggota legislatif ia mengajukan diri sebagai Caleg dari salah satu partai politik. Persiapan dana dan penggalangan massa dipersiapkan untuk menyusun kekuatan dan strategi.

Keyakinan doanya saat di Padang Arofah demikian kuat. Hingga pada saat penghitungan suara dan finalisasi akhir namanya tercantum sebagai anggota legislatif. Subhanallah doa yang dipanjatkannya saat haji di padang Arofah demikian mustajab.

Oleh karena bagi setiap jamaah haji hendaknya bisa mengoptimalkan saat indah di padang Arofah untuk berdoa sebaik mungkin, karena boleh jadi itulah saat wukuf kita yang terakhir. Bagi Allah jika permohonan dunia saja dikabulkan apaalagi permohonan akherat. " Robbana aatinaa fid dunia hasanah wafil aakhiroti hasanah waqinaa ’azaabannaar, aamiin " .

Dikisahkan Oleh : Ustadz H. Ahmad Shonhaji, S.Ag

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya