Kebutuhan Batu Bara PLN Melonjak 31%

Kegiatan penambangan batu bara Adaro Energy
Sumber :
  • Adaro Energy

VIVAnews - Konsumsi Batubara PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) pada 2012 mendatang diperkirakan mencapai 57 juta ton. Hal ini disebabkan beberapa PLTU program percepatan pembangunan pembangkit listrik 10.000 Mw mulai beroperasi.

Direktur Energi Primer PLN Nur Pamudji mengatakan, konsumsi batu bara 2012 ini melonjak 31 persen dibandingkan dengan perkiraan konsumsi batu bara 2011 yang hanya 43,5 juta ton. "Untuk mencukupi kebutuhan itu, kami sedang dalam tahap negosiasi dengan pemasok," kata Pamudji di Jakarta, Kamis 27 Oktober 2011.

Selain dipasok produsen batu bara, PLN sendiri telah mempunyai anak perusahaan PLN Batubara yang juga produsen dan aktif membeli batu bara dari pemasok-pemasok kecil.

Selain itu, PLN saat ini juga sedang mengkaji membangun fasilitas pengolahan batu bara (CBF) dengan tujuan untuk memperoleh pasokan batu bara dengan kalori stabil dan ketersediaan batu bara terjaga sepanjang waktu.

Menurut Nur Pamudji, CBF yang rencananya berkapasitas 10 juta ton per tahun ini masih dalam tahap kajian awal, dan belum tahu kapan mulai dibangun. Dia juga belum tahu di mana letak pasti pembangunan CBF ini. "Yang pasti di Pulau Jawa dan dekat dengan PLTU," katanya. (eh)

Dokter Spesialis Ungkap Keajaiban Cellbooster, Teknologi Canggih untuk Tampil Awet Muda
Gedung BRI

Majukan Inovasi Layanan, BRI Gandeng Tencent Cloud dan Hi Cloud Indonesia

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BBRI menandatangani nota kesepahaman dengan Tencent Cloud dan Hi Cloud Indonesia,

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024