Kadin Mediasi Sengketa Tanah PT KAI dan Hotel

PT KAI saat menyegel tanah milik perusahaan tersebut.
Sumber :
  • VIVAnews/Eri Naldi

VIVAnews - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumatera Barat mengundang sejumlah pihak untuk mencari solusi penyelesaikan sengketa lahan antara PT Kereta Api Indonesia dan Basko Group. Selain PT KAI Divisi II Sumbar, Kadin juga mengundang Badan Pertanahan (BPN) dan Dinas Perizinan Pemerintah Kota Padang.

Ketua Kadin Sumbar, Asnawi Bahar mengaku, pertemuan itu tidak akan mempengaruhi proses hukum yang sedang ditempuh keduabelah pihak. "Kami coba melakukan mediasi dan mengkomunikasikan masalah yang ada di dunia usaha di Sumbar," kata Asnawi Bahar pada VIVAnews, Kamis 3 November 2011.

Ia berharap, pertemuan itu bisa mencairkan masalah sengketa lahan antara Basko Group dengan perusahaan BUMN itu. "Kami berharap ada win-win solution dalam pertemuan ini," tambah dia.

Pada pertemuan hari ini, Kadin Sumbar belum mengundang pihak Basko Hotel. Menurutnya, pertemuan dengan pihak Basko Group akan dijadwalkan lain waktu. "Dengan Basko nanti kami lakukan. Kami tidak bisa menjamin bila kedua pihak langsung berhadapan saat ini," kata Asnawi.

Kisruh bermula saat PT KAI Sumbar menyita lahan parkir Best Western Premier Basko Hotel. Lahan parkir hotel bintang lima di jalan Dr Hamka itu diklaim sebagai aset PT KAI yang sewanya tidak dibayar pemilik hotel selama tujuh tahun belakangan.

Pihak Basko Group mencabut tiga plang pemberitahuan yang menegaskan lahan seluas 2.223 meter persegi milik PT KAI. Pemilik Basko Group, Basrizal Koto mengaku, lahan itu telah dibelinya dan ia mengantongi sertifikat sah yang dikeluarkan BPN.

Tanah milik yang disengketakan berada di KM 12+116 yang terletak di antara Padang-Tabing. Luasnya mencapai 2.223 meter persegi. Lahan yang dinyatakan PT KAI ini digunakan penyewa untuk lokasi perparkiran dan sekitar sepertiga bangunan hotel berlantai sembilan itu. (Laporan: Erinaldi | Padang, umi)

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri
Pimpinan Ponpes Tajul Alawiyyin, Habib Bahar bin Smith

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Artikel top trending pertama yakni mengenai Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep tengah disorot oleh para pembaca

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024