Pasar Asia Cermati Isu Krisis Obligasi Italia

Sumber :
  • REUTERS/ Toru Hanai

VIVAnews - Indeks harga saham di Asia dibuka menguat pada perdagangan pagi ini, Selasa 8 November 2011.

Namun, penguatan itu dibatasi kekhawatiran bakal melonjaknya imbal hasil atau yield obligasi yang bisa menahan penyelesaian utang Italia dan meningkatnya kemampuan zona euro agar bisa lepas dalam krisis keuangan. Sementara itu, Yunani juga sedang berjuang memilih pemimpin baru.

Indeks saham Asia Pasifik di luar Jepang, MSCI tercatat naik 0,2 persen. Sedangkan bursa saham Jepang, Nikkei 225 dibuka turun 0,26 persen.

Mata uang Euro jatuh 0,1 persen terhadap dolar AS menjadi US$$1,3758, karena para investor khawatir adanya ketidakpastian politik di Italia dan Yunani yang bisa menggagalkan upaya Eropa menerapkan skema bailout untuk mencegah krisis Yunani.

Mata uang tunggal itu jatuh terendah ke posisi US$$1,3679 pada Senin kemarin, tetapi masih dalam kisaran US$1,3608-1,3866 pada sepekan terakhir.

Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi diketahui mengalami tekanan kuat agar ia mengundurkan diri pada Senin kemarin. Hal itu, mendorong yield surat utang negara untuk tenor 10 tahun mencapai 6,67 persen, tertinggi sejak 1997.

Italia diketahui merupakan negara ketiga dengan perekonomian terbesar, yang memiliki pasar obligasi pemerintah terbesar. Tentunya, meningkatnya bunga pinjaman yang mendekati tujuh persen itu dinilai bisa menahan bailout.

"Cukup jelas, ancaman terhadap pasar valuta asing kali ini yaitu negara (Italia) dengan pertumbuhan PDB nominal hanya 1,8 persen dan utang sebesar 120 persen dari PDB, tidak dapat mempertahankan kisaran yield sebesar 6,5 persen untuk waktu yang lama," kata Kit Juckes, analis dari Societe Generale seperti dilansir laman Reuters.

Pasar obligasi Asia juga terlihat lesu, mengantisipasi melebarnya sentimen negatif yang terjadi di pasar surat utang Italia. (eh)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024