Suap Kemenakertrans

"Suap Bukan untuk Muhaimin, Tapi Banggar"

Muhaimin Iskandar Usai di Periksa KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Terdakwa suap Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, I Nyoman Suisnaya membantah dakwaan Jaksa Penuntut Umum bahwa uang Rp2 miliar untuk Menteri Muhaimin Iskandar. Melainkan untuk Badan Anggaran (Bangggar) DPR.

"Itu dari awal memang untuk Banggar melalui calo-calonya itu. Dari awal di BAP yang saya katakan sudah itu," ujar Nyoman di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu 16 November 2011.

Menurut Nyoman, dirinya tidak pernah memberikan keterangan sebagaimana didakwakan JPU. Ia mengaku tidak tahu menahu jika uang suap yang didakwaan senilai Rp2 miliar diperuntukkan Muhaimin Iskandar.

"Itu urusan calo dengan beliau. Kalau Ali Mudhori dan Sindu (yang kasih ke Menakertrans), saya nggak tahu berhubungan dengan Menteri atau nggak mereka. Saya nggak tahu pembelokan terakhir (dakwaan) kok ke Menteri," ujarnya.

Dalam surat dakwaan Nyoman ia didakwa bersama-sama dengan atasannya Muhaimin Iskandar ikut menerima hadiah berupa uang dari Dharnawati. Nyoman menanggapi hal itu wajar.

"Yaitu itu wajar mereka mengkait-kaitkan, karena saya kan staf Pak Muhaimin, kan juga ada berhubungan dengan staf beliau (lainnya). Ini kan analisis. Jadi AM (Ali Mudhori) itu adalah teman Pak M di partai," tuturnya.

Terkait kasus ini, Muhaimin sudah pernah diperiksa KPK. Muhaimin terkejut atas kasus suap yang terjadi di kementeriannya dan menyeret namanya. Menurut dia, instansinya hanya bertindak sebagai koordinator proyek. "Peristiwa ini di luar dugaan," kata Muhaimin Iskandar saat acara halal bihalal di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu 4 September 2011.

Kasus suap dengan barang bukti Rp1,5 miliar itu membuat Muhaimin gundah. Menurut menteri yang akrab disapa Cak Imin ini, kejadian ini tidak ada kaitannya dengan Kementerian.

Selain Muhaimin, KPK juga sudah memeriksa pimpinan Banggar DPR yakni Ketua Badan Anggaran Melchias Marcus Mekeng beserta tiga Wakil Ketua Badan Anggaran Mirwan Amir, Olly Dondokambey, dan Tamsil Linrung. Namun, mereka membantah terlibat dalam kasus suap ini.

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?
Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024