Dua Lembaga Independen Kaji Tarif Listrik

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik,
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pemerintah menunjuk Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia dan Lembaga Kerjasama Fakultas Teknik UGM (LKFT UGM) untuk mengkaji kenaikan tarif listrik dari berbagai aspek. Rencananya, hasil kajian ini akan disampaikan pemerintah kepada Komisi Energi DPR pada Desember 2011.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, mengatakan dua lembaga ini dinilai independen, sehingga kajian diharapkan bisa memberi kejelasan dampak kebijakan itu. "Kami telah memberi tugas kepada dua lembaga ini," kata Jero di Jakarta, Senin 21 November 2011.

Pemerintah berencana menaikkan tarif dasar listrik (TDL) sebesar 10 persen pada 2012. Kebijakan itu merupakan konsekuensi pemerintah menurunkan subsidi listrik dari Rp65 triliun menjadi Rp45 triliun pada 2012. Kenaikan yang akan dilakukan pada April mendatang tersebut untuk semua golongan, kecuali pelanggan berdaya 450 watt.

Rencana kenaikan tarif listrik tersebut disambut pro dan kontra. Bukan hanya pengusaha yang mengaku terkena dampak dari kebijakan itu, kalangan politisi juga sudah siap menolak dan mempersoalkan manajemen pemerintah dalam ketenagalistrikan.

Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Sohibul Imam, secara tegas menolak rencana kenaikan TDL. Kalangan pengusaha juga menilai bahwa menaikkan TDL di saat ekonomi belum menentu sungguh akan menyusahkan.

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?

Ketua Bidang Usaha Kecil Menengah Himpunan Pengusaha Muda, Tri Harsono, menegaskan bahwa rencana kenaikan TDL pada tahun depan akan menjadi beban beruntun yang harus dipikul pengusaha, khususnya pebisnis UKM.

Kenaikan TDL seharusnya diarahkan agar kebijakan anggaran bisa berjalan lebih sehat dan berdampak pada peningkatan daya saing dunia usaha. Subsidi bisa dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur dan layanan publik.

Hipmi mencatat, setelah beberapa kali mengalami kenaikan listrik, industri kecil dan menengah justru tidak merasakan kompensasi yang jelas. Akibatnya, beban pengusaha IKM ini justru meningkat tajam.

Tanggapan lebih netral disampaikan Presiden Direktur dan Chief Executive Officer PT Bakrieland Development Tbk, Hiramsyah S Thaib. Menurut petinggi perusahaan properti itu, pemerintah sah-sah saja untuk menaikkan TDL pada 2012. Namun, Hiramsyah melanjutkan, pemerintah juga harus memberikan solusi terhadap buruknya sarana infrastruktur penunjang serta pemberian insentif.

Hiramsyah justru khawatir, kenaikan TDL hanya akan membebani masyarakat secara keseluruhan. Dampak kenaikan TDL dikhawatirkan berpengaruh kepada makro ekonomi, di mana daya beli masyarakat yang bisa terganggu. (art)

Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024