Pertumbuhan Indonesia Paling Tinggi di ASEAN

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Sumber :

VIVAnews - Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) memperkirakan pertumbuhan ekonomi untuk enam negara Asia Tenggara diperkirakan mencapai 5,6 persen selama 2012-2016. Indonesia memiliki pertumbuhan tertinggi yaitu 6,6 persen.

Direktur OECD Development Centre, Mario Pezzini, mengatakan ketidakpastian global menjadi peluang untuk menciptakan pertumbuhan. "Sifat pertumbuhan di Asia kini berubah, menjadi lebih seimbang," ujarnya di Jakarta, Selasa 29 November 2011.

Mario menjelaskan, ekonomi Asia Tenggara akan lebih digerakkan oleh ekonomi domestik. Dua mesin pendorong pertumbuhan yaitu investasi berskala besar terkait infrastruktur dan konsumsi pribadi yang digerakkan kelas menengah.

"Sebelumnya, pertumbuhan sangat tergantung pada permintaan dari luar," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar menilai dalam kondisi ketidakpastian ini, sulit jika harus bergantung pada negara lain. "Jangan ada suatu negara yang ekspor atau impor terus-menerus, karena akan menimbulkan ketidakseimbangan," jelasnya.

Indonesia saat ini tengah mengalihkan perhatiannya pada pasar dalam negeri. Dengan populasi yang besar dan pertumbuhan dari daya beli masyarakat yang terjaga akan dimanfaatkan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi domestik.

"Negara seperti itu yang akan dapat bertahan di tengah perkembangan global," imbuhnya. (art)

Ini Mobil Andalan Pelatih Timnas Shin Tae-yong untuk Jalan-jalan di Indonesia
Aplikasi Bank Jago dan Gojek.

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

PT Bank Jago TbkĀ membukukan laba bersih setelah pajak (net profit after tax) sebesar Rp 22 miliar per akhir Maret 2024 atau kuartal I-2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024