Jembatan Runtuh, Impor Besi Baja Bisa Naik

Jembatan Kutai Kartanegara runtuh
Sumber :
  • REUTERS/Rizal Adi Nugroho

VIVAnews - Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan renovasi Jembatan Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, yang ambruk pekan lalu bisa memicu lonjakan impor besi baja. Namun upaya itu hendaknya diikuti dengan jaminan produk impor yang berkualitas.

Sagil Siswa SD di Jambi yang Miliki Tinggi 2 Meter Bercita-cita Ingin Jadi Anggota TNI

Hingga Oktober 2011, impor besi baja Indonesia mengalami penurunan dari US$781 juta pada bulan September menjadi hanya US$668 juta.

"Kalau memperbaiki jembatan Kutai Kartanegara barangkali impor baja lagi, tapi mesti yang bagus, jangan dari Cina," ujar Direktur Statistik Distribusi BPS, Satwiko Darmesto, saat ditemui usai jumpa pers di kantornya, Jakarta, Kamis 1 Desember 2011.

Satwiko mengatakan banyak jembatan di Indonesia saat ini menggunakan bahan baku material besi dan bajanya yang berasal dari Cina. Salah satunya adalah Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Madura.

"Suramadu dari Cina kan? Dari Cina langsung dibawanya, bawa sendiri kan mereka. Saya tidak tahu Kukar dari mana," tambahnya.

Cek Fakta: Timnas Indonesia Dicoret AFC Gegara Suap Wasit

Beda Kualitas

Sebelumnya, Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura (BPWS) memastikan bahan material Jembatan Suramadu berbeda dengan Jembatan Kukar yang runtuh dan telah memakan belasan korban jiwa.

Jembatan Kukar menggunakan Cabel Stay konvensional dan merupakan jembatan rangkah yang dimodifikasi. Sebaliknya, jembatan Suramadu menggunakan Cabel Stay yang dirancang tinggi agar bisa lebih kokoh.

BPWS menyebut jembatan sepanjang 5,4 kilometer itu mampu bertahan hingga 100 tahun."Jembatan Suramadu memiliki kontruksi yang berbeda dengan Jembatan Kutai Kertanegara. Ini diprediksi mampu bertahan hingga 100 tahun," kata Sekretaris BPWS, Khalawi. (ren)

Climate Change Threatens Children's Education in Asia
Skutik Yamaha Grand Filano dan Yamah Fazzio

Daftar Lengkap Harga Motor Matic Yamaha per Mei 2024, Berapa Nmax dan Aerox?

Yamaha menjadi salah satu merek yang juga banyak diincar masyarakat untuk motor matic. Ada beberapa segmen yang ditawarkan oleh Yamaha seperti skutik model classy & maxi.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024