Alih Fungsi Lahan Pertanian Setengah Hati

Suswono dan Hatta Rajasa
Sumber :
  • Antara/ Sahrul Manda Tikupadang

VIVAnews - Kementerian Pertanian mengungkapkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengingatkannya untuk menghindari alih fungsi lahan pertanian produktif. Sayang, tersebut tidak didukung fakta di lapangan.

Menurut Menteri Pertanian, Suswono, pengadaan lahan pertanian merupakan kendala terbesar terjadinya peningkatan produksi bahan pangan.

"Karena ada konversi yang begitu masif, khususnya di Jawa misalnya, ini tetap saja akan menjadi masalah," kata dia, di kantor presiden, Jakarta, Selasa 6 Desember 2011.

Suswono menambahkan, pihaknya pernah dijanjikan akan diberi lahan pertanian dari Kementerian Kehutanan dan tanah terlantar dari Badan Pertanahan Nasional. Namun, dua tahun ditunggu tidak kunjung direalisasikan.

"Kementerian Kehutanan sebenarnya sudah menjanjikan tapi lahannya di mana belum jelas. Saya berharap juga lahan terlantar yang dijanjikan dari BPN. Sebenarnya ini kan, sudah cukup lama menjanjikan," tuturnya.

Bahkan, kata dia, sudah dua tahun ini, sejak awal kabinet Indonesia Bersatu II dideklare bahwa Kementerian Pertanian akan mendapatkan tambahan lahan dua juta hektare, berikut lahan terlantar mencapai 7,3 juta hektare. "Tapi, konon sekarang tinggal enam juta hektare," ujar Suswono.

Berkaca dari itu semua, Suswono mengungkapkan bahwa UU 41/2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian mandul. (umi)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024